READING MODE  
Situs Berita Teknologi Terkini

Ditemukan Adware Berbahaya Di Beberapa Laptop Lenovo

Diterbitkan pada 20th February 2015 oleh

Lenovo merupakan salah satu produsen laptop terkemuka yang kerap hadir dengan desain yang unik dan menarik pehatian pengguna. Agak mengejutkan kini, ketika sebuah adware yang bernama Superfish ditemukan terpasang pada sejumlah laptop Lenovo yang dijual di pasar.

Adware yang dinamakan Superfish ini terlihat mempengaruhi penggunaan Internet Explorer dan juga Google Chrome, dimana ia menampilkan iklan dari pihak ketiga pada web yang diakses pengguna tanpa izin.

Meskipun pada awalnya ia lebih ke iklan, namun sejumlah pengguna melaporkan Superfish ini juga¬† membuat sambungan “yang-terpercaya” dengan sendirinya yang memungkinkan ia mengakses beberapa data yang dilindungi dari di akses pihak ketiga – seperti situs perbankan dan sebagainya. Hal ini sekaligus memungkinkan hacker atau pihak ketiga membuat koneksi ke komputer Anda dengan label koneksi mereka sebagai “terpercaya”, dan mengakses data Anda tanpa Anda sadari.

Untuk menghindarinya, Anda harus mematikan certificate yang dikeluarkan Superfish ini secara manual. Sejumlah antivirus yang ada saat ini mengkategorikan Superfish sebagai adware dan meminta pengguna untuk membuangnya. Untuk mematikannya, Anda harus:

  1. Pada menu Start / CharmBar di Windows 8, cari Certificate Manager, lalu buka
  2. Buka Current User \ Trusted Root Certificate Authority.
  3. Pada Superfish, klik-kanan, dan matikan.

Pihak Lenovo mengatakan mereka telah menghentikan instalasi software tersebut pada laptop saat ini. Bagi pengguna laptop Lenovo, segera hapus adware ini dari sistem dan pastikan laptop Anda bebas dari adware yang berbahaya ini.

Apabila Lenovo tidak segera mengambil keputusan untuk mengatasi hal ini, maka tak mustahil jika pengguna tidak lagi memilih Lenovo di waktu yang akan datang. Saat ini, beberapa model saja dilihat terancam dengan masalah ini, tetapi ada baiknya untuk Anda juga memeriksa dan mematikan certificate yang dikeluarkan oleh Superfish ini.

Komen

Nama
Web