READING MODE  
Situs Berita Teknologi Terkini

Salah satu hal yang Anda perlu ketahui ketika ingin mengatur ruang penyimpanan pada perangkat Anda adalah aplikasi apa yang memakan ruang paling besar. Untuk memfasilitasi proses tersebut, salah satu aplikasi yang dapat Anda gunakan adalah DataSize Explorer untuk Android.

DataSize Explorer akan memindai perangkat Android Anda baik ponsel maupun tablet. Kemudian akan tampil hasil pencarian dalam bentuk blok yang memudahkan Anda mengetahui aplikasi yang memakan ruang paling besar di perangkat Anda. Ruang penyimpanan ini meliputi cache dan juga ukuran aplikasi sendiri. Misalnya, dari percobaan kami, meskipun ukuran aplikasi Chrome kecil, tetapi karena cache-nya banyak, maka ia tercatat sebagai aplikasi yang memakan ruang penyimpanan yang besar.

data-size-explorer_01

data-size-explorer_02Setelah selesai memindai, Anda kemudian bisa tap pada blok yang ingin dihapus dengan memilih Delete. Pada pilihan Delete, Anda akan dibawa ke halaman manajemen aplikasi built-in di Android, dan Anda dapat memilih untuk uninstall aplikasi, atau hanya menghapus data yang disimpan (cache), sekaligus mendapatkan kembali ruang kosong untuk digunakan.

Aplikasi ini dapat dikatakan cukup membantu dalam mengatur ruang penyimpanan, terutama jika Anda ingin menginstal aplikasi baru, dan tidak memiliki ruang yang cukup.

Aplikasi ini ditawarkan secara gratis di Google Play Store, dan hadir dengan dukungan iklan.

Komen

Nama
Web