READING MODE  
Situs Berita Teknologi Terkini

HTC merupakan salah satu produsen perangkat dari Taiwan terkenal dengan desain mereka yang menarik. Hari ini, bersamaan dengan Mobile World Congress, HTC telah memperkenalkan smartphone terbaru dari mereka, yang juga merupakan update untuk HTC One M8 tahun lalu, yaitu HTC One M9.

HTC One M9 menggunakan layar berukuran 5,0 inci Full HD Super LCD 3 dan dilengkapi dengan resolusi 1080p. Disamping itu, perangkat ini juga membawakan berbagai update spesifikasi terbaru, termasuk chip prosesor octa core 2.0GHz Snapdragon 810, memori 3GB RAM, dan ruang penyimpanan minimal 32GB (ada variasi 64GB untuk beberapa pasar terpilih). Namun, dari percobaan kami, meskipun ruang penyimpanan yang ditawarkan melalui perangkat adalah 32GB, ruang penyimpanan yang dapat digunakan hanya sekitar 14GB saja.

Dari segi desain perangkat, HTC One M9 hadir dengan desain ikonik HTC – sama seperti pada HTC One M8 sebelumnya, tetapi dengan beberapa perubahan kecil. Pada bagian depan, HTC masih mempertahankan penggunaan speaker depan dikenal sebagai BoomSound , namun sekarang dilengkapi dengan teknologi Dolby untuk membawakan dukungan audio Surround Sound.

Bagian tepi perangkat untuk One M9 agak kurang menarik dibandingkan dengan One M8 sebelumnya. Sela antara layar dan bagian kerangka belakang kali ini membawakan jarak yang cukup signifikan, dimana ia tidak miring seperti sebelumnya, sebaliknya hanya horizontal sehingga bagian tepi tampak agak tajam sedikit. Namun, mungkin jika menggunakan kerangka luar tambahan, ia tidak begitu signifikan dibandingkan penggunaan biasa.

Pada bagian tepi kanan perangkat, HTC menyertakan tombol power yang merupakan salah satu perbaikan yang dinantikan banyak orang mengingat tombol power pada bagian atas sebelum ini agak sulit untuk dicapai dan digunakan. Pada bagian atas,HTC mempertahankan bar berwarna hitam yang menyertakan dukungan IR Blaster untuk mengontrol televisi dan beberapa perangkat lain.

Di belakang ponsel HTC One M9 tidak ada lagi dukungan Duo-Digital, namun digantikan dengan kamera belakang 20-megapixel. Bagian belakang juga menggunakan pelindung kamera berbentuk persegi, hal ini membuat casing yang tersedia untuk M8 di pasar tidak dapat digunakan pada HTC One M9.


 

Kamera HTC One M9

Salah satu perubahan besar yang dilakukan oleh HTC pada One M9 adalah perubahan dari segi kamera. Pada HTC One M9, HTC menggunakan kamera belakang 20-megapixel BIS f / 2.2 yang juga dilengkapi dengan dukungan dual-LED Flash. HTC juga mengatakan lensa untuk One M9 ini dilengkapi dengan kaca safir untuk membuatnya lebih kokoh dan tidak mudah tergores. Bagian belakang tidak lagi menggunakan kamera HTC Ultrapixel, sebaliknya kini menggunakan kamera 20-megapixel, mungkin karena banyak orang yang tidak begitu menyukai teknologi Ultrapixel, namun menginginkan sensor yang lebih besar saja ketika membeli perangkat. HTC mengatakan dulu mereka agak sulit untuk mencapai kualitas yang diinginkan, tetapi dengan kamera 20-megapixel ini mereka berhasil mencapai apa yang diinginkan.

one-m8-04Untuk kamera depan, HTC One M9 menggunakan kamera depan HTC Ultrapixel, salah satu kamera terbaik untuk rekaman gambar selfie, malah bisa mengambil gambar dengan kualitas pencahayaan yang rendah.

Dari percobaan kami, kamera belakang memiliki hasil yang agak mengecewakan dibandingkan dengan HTC One M8. Pada kondisi cerah, HTC One M9 menghasilkan gambar yang baik, bahkan penambahan HDR membuat gambar suatu pemandangan tersebut sangat menarik. Namun, pada kondisi cahaya gelap – terutama ketika malam, gambar yang direkam menghasilkan noise yang tinggi jika dibandingkan dengan penggunaan kamera HTC Ultrapixel pada M8 sebelum ini. Hal ini mungkin suatu yang diharapkan mengingat ia hanya menggunakan sensor biasa saja.

HTC turut melengkapi beberapa modus rekaman khusus pada HTC One M9 ini, termasuk untuk Selfie, rekaman panorama, membuat photobooth dan sebagainya. HTC mengatakan nanti sebelum memasarkannya ke publik, mereka akan menambahkan update pada aplikasi kamera, yang memungkinkan Anda mengunduh berbagai modus tambahan dengan mudah. Salah satu modus rekaman baru yang bakal disertakan pada HTC One M9 melalui update ini adalah dukungan rekaman gambar RAW – yang tentu saja membuat perangkat ini salah satu smartphone favorit bagi mereka yang terlibat dalam bidang fotografi.


Audio Pada HTC One M9

one-m8-12HTC One M9 masih mempertahankan penggunaan BoomSound pada bagian depan. Tetapi pada kali ini, mereka juga bekerjasama dengan pihak Dolby dalam mengintegrasikan dukungan 5.1 channel Dolby® Surround yang menghasilkan kualitas suara yang baik, disamping menggunakan kelebihan speaker kiri dan kanan ketika digunakan secara horizontal untuk menonton video. HTC mengatakan mereka juga mengintegrasikan HTC One M9 dengan dukungan teknologi Qualcomm® Immersive Audio dalam menawarkan kualitas audio yang baik. Bersama-sama dengan HTC One M9 didalam kotak ada sebuah earphone dengan desain menarik dengan logo HTC, dan juga memiliki kelebihan teknologi audio yang dibawakan oleh HTC.


Interface HTC Sense 7

Selain update pada bagian eksterior dan spesifikasi, HTC juga memperbaiki interface khusus Android mereka yang dikenal dengan nama HTC Sense 7. HTC Sense pada HTC One M9 membawa beberapa perubahan dan update untuk memudahkan Anda , selain mengusulkan sesuatu hal dengan lebih pintar dibandingkan sebelumnya.

Pada Blinkfeed di Sense 7, HTC telah menambahkan sebuah fungsi baru yang dinamakan sebagai MealTimes. Melalui fungsi ini, ia menggunakan data dari beberapa layanan seperti Yelp, Foursquare, Dianping dan sebagainya dalam menggunakan lokasi dan waktu untuk menyarankan Anda tempat makan yang dekat.

htconem9-sense7_01Selain dari MealTimes, HTC juga menyertakan satu lagi update pada Blinkfeed bernama Morning Bundle. Dengan aplikasi ini, Anda akan ditampilkan dengan ringkasan berita menarik yang terjadi ketika sedang tidur, dan bahan bacaan menarik untuk setiap pagi.

Seperti biasa, keduanya bisa dikontrol dan dinonaktifkan oleh Anda. HTC Blinkfeed juga kini menggunakan kelebihan Android 5.0 Lollipop, dan menampilkan notifikasi dan update terus pada lockscreen untuk Morning Bundle dan juga MealTimes ini. Anda kemudian bisa tap pada notifikasi yang ditampilkan dan melihat lebih banyak info mengenai lokasi yang diusulkan termasuk dari segi review Anda dan makanan yang ditawarkan.

HTC Sense 7 juga kini turut menyertakan dukungan Themes, memungkinkan Anda untuk mengubah tema dan interface pada smartphone HTC sesuai dengan keinginan mereka. Sejumlah tema telah disediakan dan bisa didowload untuk menggunakannya. Disamping itu, Anda juga dapat membuat tema sendiri menggunakan gambar pada galeri, dimana HTC menggunakan identifikasi otomatis untuk menyarankan Anda warna tema berdasarkan gambar yang dipilih, termasuk dari segi penggunaan ikon.

Melalui Themes pada HTC Sense 7 ini, Anda dapat mengubah gambar latar, ikon, suara, dan juga penggunaan jenis tulisan. Hal ini memudahkan Anda untuk membuat sesuatu perangkat itu lebih pribadi dibandingkan penggunaan tema dari pihak ketiga seperti sebelumnya. Ini juga memastikan Anda dapat terlindung dari mendownload tema-tema berbantuk adware yang beredar di web saat ini. HTC mengatakan Anda juga dapat menerbitkan tema mereka di Themes Store, sekaligus memungkinkan Anda lain mengunduhnya. Dukungan untuk menerbitkan tema secara gratis hanya didukung pada saat ini, tetapi HTC akan menambahkan dukungan tema berbayar yang memungkinkan Anda menghasilkan uang pada masa akan datang.

Satu lagi penambahan baru yang menarik bagi kami di HTC Sense 7 adalah kemampuan untuk mengontrol tombol navigasi melalui perangkat lunak. Kini, Anda dapat mengatur tombol navigasi pada bagian bawah HTC One M9 (Back, Home, Recent) berdasarkan favorit dan fasilitas Anda. Disamping itu, Anda juga dapat menambahkan satu lagi tombol navigasi baru pada bagian bawah dari beberapa pilihan yang disediakan oleh HTC – termasuk untuk mematikan layar, mengakses notifikasi, auto-rotate, dan untuk menyembunyikan bar navigasi.

htconem9-sense7_07HTC Sense 7 masih mempertahankan penggunaan Motion Sensor yang memungkinkan Anda membuat sejumlah hal dengan mudah. Melalui fungsi ini, salah satu hal yang saya minati secara pribadi adalah kemampuan untuk mengaktifkan layar dengan dual-tap pada layar tanpa perlu untuk tekan tombol fisik pada bagian tepi perangkat.

Untuk aplikasi Help pada HTC Sense 7,juga telah diperbarui dan memudahkan Anda membuat tips untuk ponsel dengan mudah. Ini memungkinkan Anda mengetahui secara pasti masalah pada telepon dengan cepat tanpa harus menunggu masukan dari toko telepon dan sebagainya. Anda juga bisa membuat memperbaiki otomatis untuk beberapa masalah kecil, sehingga menghemat waktu dan uang.

htconem9-sense7_06Pada HTC Sense 7, HTC juga mengintegrasikan sebuah fungsi galeri baru bernama One Gallery. Menggunakannya, Anda dapat men-download gambar dalam bentuk thumbnail dari layanan seperti Flickr, Facebook dan beberapa yang lain untuk disimpan pada ponsel. Gambar penuh akan di-download ketika Anda membuka sebuah thumbnail dan memungkinkan untuk melihatnya pada resolusi tinggi. Fungsi ini memudahkan Anda menyimpan sejumlah gambar pada smartphone dan mengaksesnya bila diperlukan. HTC mengatakan One Gallery tidak akan mendukung upload gambar saat ini, mengingat ia akan membuat beberapa gambar di-upload dua kali – terutama jika Anda memiliki aplikasi seperti Facebook, Dropbox dan lain-lain yang diaktifkan dukungan sync.

Pada bagian widget, HTC menambahkan sebuah fungsi baru yang menampilkan aplikasi yang sering digunakan Anda berdasarkan lokasi dan waktu. Misalnya, jika di rumah, ia akan menampilkan aplikasi yang banyak diakses, mungkin seperti YouTube, Chrome dan sebagainya, sebaliknya apabila di lokasi kerja, ia akan menampilkan aplikasi yang sering digunakan ketika itu, mungkin seperti Evernote dan sebagainya. Widget ini berfungsi secara pintar dan menampilkan aplikasi berdasarkan penggunaan harian Anda.

htconem9-sense7_05Selain itu, widget khusus ini juga menyertakan dua folder khusus – dinamakan sebagai Downloads dan Suggestions. Pada folder Downloads, Anda dapat melihat pilihan aplikasi-aplikasi yang telah di-download dan disusun berdasarkan Downloads terakhir. Pada widget Suggestions akan menampilkan aplikasi menarik yang dapat di-download Anda berdasarkan rekomendasi HTC.

Fungsi lain yang turut disertakan adalah termasuk rekaman video dalam bentuk 4K, memungkinkan Anda melihat waktu panggilan yang dilakukan menggunakan telepon selular (dibandingkan hanya penggunaan data sebelum ini), kemampuan untuk menghapus cache melalui sebuah aplikasi khusus, fungsi Power Saving Mode, dan berbagai jenis efek khusus untuk ditambahkan pada gambar. Anda juga kini dapat mengontrol notifikasi dari aplikasi apakah ingin memperlihatkannya kepada Anda atau tidak. HTC juga menambahkan sebuah aplikasi khusus dari mitranya yaitu Strolling yang dapat mendeteksi beberapa hal seperti jumlah langkah kaki, sehingga memungkinkan Anda memantau aktivitas kebugaran menggunakan smartphone ini.

HTC One M9 ini akan hadir dalam tiga pilihan warna yaitu kombinasi warna emas dan perak (seperti pada gambar ini), warna abu-abu, dan juga warna emas lengkap.

HTC One M9 yang turut dilengkapi dengan jaringan LTE ini bakal dijual di pasar global mulai pertengahan Maret 2015 ini. Sejumlah aksesori khusus untuknya turut disediakan oleh HTC, termasuk DotView Case 2 yang membawakan lebih banyak kontrol melalui DotView, selain kerangka bagian belakang transparan. HTC juga turut menyediakan HTC Active Case untuk smartphone ini yang hadir dengan dukungan perlindungan IP68 dan tahan jatuh sampai ketinggian 2 meter. Harga penjualan lokal untuk HTC One M9 ini diperkirakan lebih kurang menyerupai HTC One M8.

one-m8-13

Komen

Nama
Web