READING MODE  
Situs Berita Teknologi Terkini

Setelah berbulan-bulan mendengar spekulasi tentang Samsung Galaxy S6, akhirnya perangkat ini diluncurkan secara resmi di MWC 2015. Pada Galaxy S6 ini, Samsung melakukan perombakan desain seri Galaxy S dan juga pada interface TouchWiz. Pada awal pengembangannya S6 diberi julukan Project Zero. Samsung mulai dari awal. Mengidentifikasi kelemahan perangkat mereka dan memperbaiki fungsi-fungsi yang membuat mereka menjadi produsen perangkat terbesar di dunia.

Dengan S6, Samsung menegahkan tiga fitur utama yaitu desain, kekuatan pemprosesan dan kemampuan kamera. Kita mulai dengan desain. Desain S6 unik dibandingkan desain perangkat Samsung sebelumnya karena memiliki panel belakang dan depan yang terbuat dari kaca. Bagian sisi juga dihasilkan dari aluminium bermutu industri penerbangan. Sebelumnya kami juga desain Galaxy A5 yang menurut kami sudah cukup premium tetapi dengan S6 mereka menunjukkan mereka mampu menghasilkan perangkat yang lebih elegan. Ada empat pilihan warna yaitu hitam, putih, biru dan emas.

Keseluruhan permukaan kaca membuat ponsel ini sangat nyaman dipegang, sementara sisi tepi yang bulat juga tidak membuat telapak tangan sakit seperti pada Galaxy Alpha. Dari segi desain ini mengingatkan kami pada estetika perangkat Sony Xperia Z3. Pada bagian kanan terdapat tombol power dan slot kartu SIM. Pada sebelah kiri terdapat tombol volume suara. Pada bagian atas terdapat pemancar infra red dan speaker, slot mini USB serta jack headphone ditempatkan pada bagian bawah.

Galaxy-S6-M2330038 Galaxy-S6-M2330038dsqsqTidak seperti beberapa rumor yang beredar, S6 tidak memiliki speaker stereo pada bagian depan atau kemampuan tahan air. S6 menyertakan dukungan pengisian nirkabel built-in.

Layar SAMOLED yang digunakan mempertahankan ukuran 5.1 inci seperti yang ada pada S5 tetapi kali ini ia memiliki resolusi QHD. Kepadatan pixel juga meningkat menjadi 577 pixel per inci dibandingkan sebelumnya 432 pixel per inci.

Prosesor Exynos octa core digunakan dengan quad core pada kecepatan 2,1 GHz dan quad core lainnya pada kecepatan 1,5 GHz. Kami mengerti semua S6 di dunia akan menggunakan prosesor 64 Bit ini. Tidak ada variasi perangkat akan menggunakan prosesor dari keluarga Snapdragon. RAM sebesar 3 Gigabyte LPDDDR4 dan pilihan kapasitas internal 32, 64 dan 128 Gigabyte. Tidak ada dukungan kartu microSD kali ini tetapi Samsung bekerjasama dengan Microsoft untuk memberikan penyimpanan awan One Drive 100 Gigabyte secara gratis selama 2 tahun.

Kamera utama masih 16 Megapixel tetapi kali ini dilengkapi lensa F 1.9. Kamera depan ditingkatkan ke 5 Megapixel dengan lensa lebar F 1.9. Kamera utama kini mampu melakukan focus tracking secara aktif. Objek yang diambil akan selalu fokus dengan benar ketika kamera digunakan. Perangkat ini pun memiliki kemampuan video 4K.

Galaxy-S6-Galaxy-S6-2


Update Touchwiz

Galaxy-S6-3Perubahan apakah yang dilakukan pada interface? Sekilas tidak ada perbedaan yang terlihat. Desain ikon dan elemen interface masih terlihat serupa. Tetapi perbedaan hanya dapat disadari ketika memasuki aplikasi tertentu. Misalnya ketika membuka aplikasi telepon terdapat animasi seperti yang dilihat pada Android Lollipop stock. Animasi yang sama juga terlihat ketika membuka tab aplikasi, tab notifikasi dan layar pengaturan. Selama penggunaan kami sedari animasi berjalan dengan cukup lancar dan masalah jeda waktu yang sangat identik dengan TouchWiz tidak lagi terlihat. Samsung menepati janji mereka untuk memperbaiki TouchWiz yang memang cukup bermasalah.

Ada juga fungsi kustomasi tema yang lebih mantap kali ini. Pada A5 kami mencatat hanya empat tema saja yang dapat dipilih. Pada S6 kini ada pilihan men-download tema baru dari theme store.

Kamera Dengan Focus Tracking

Kamera kini dapat digunakan secara otomatis dengan menekan tombol home sebanyak dua kali. Berbicara tentang kamera, S6 memiliki kamera 16 Megapixel (F 1.9) dengan kemampuan focus tracking. Ia dapat mendeteksi objek yang ingin diambil dan kemudian melakukan pemfokusan aktif pada objek. Fungsi kamera lain yang diperlihatkan adalah Virtual Shot yang memungkinkan Anda mengambil gambar 360 derajat suatu objek secara memutar. Setelah gambar diambil dapat diputar ke depan dan ke belakang dengan memiringkan perangkat. Fungsi Selective Shot, Panorama, Slow Motion dan Pro turut disertakan. Dengan fungsi Pro Anda dapat mengontrol parameter kamera secara manual. Sebelumnya Anda harus mengkatifkan HDR terlebih dahulu sebelum gambar diambil. Disini ada beberapa upgrade dan beberapa pengurangan dilakukan Samsung


Kesimpulan

Galaxy-S6-M2330028Samsung Galaxy S6 adalah sebuah perangkat yang tidak hanya terlihat cantik tetapi juga memiliki material body yang berkualitas tinggi. Dua konsep ini adalah sangat asing bagi sebuah perangkat Samsung sebelumnya. Sisi logamnya yang bulat memastikan perangkat ini nyaman digenggam di tangan. Perubahan paling menarik bagi kami adalah TouchWiz yang dikurangi jumlah aplikasi terpasang. Memang terasa perbedaan kecepatan S6 dibandingkan A5 dan Note Edge yang baru saja kami ulas. Kemampuan kamera melakukan focus tracking cukup menantang karena setahu kami S6 adalah perangkat pertama yang memiliki fungsi ini.

Pada saat yang sama kami yakin ada yang akan mengeluh perbedaan pada tampilan TouchWiz tidak signifikan. Jangan khawatir karena kali ini fungsi mengubah tema memberikan pilihan yang lebih besar. Anda kini dapat men-download tema baru dari themes store.

Meskipun begitu adanya speaker yang terletak pada bagian depan sedikit mengecewakan. Pasar sekarang semakin dipenuhi perangkat dengan speaker stereo pada bagian depan. Alasan Samsung tidak mengambil langkah seperti HTC, Motorola dan Sony tidak kami ketahui. Ketiadaan dukungan waterproofing sudah diprediksi karena ini bukan fungsi yang diinginkan mayoritas pengguna. Kami rasakan benda yang paling akan mendapat reaksi negatif dari pengguna Samsung adalah tidak ada lagi slot kartu microSD dan baterai yang tidak dapat dilepas. Padahal ini adalah salah satu hal yang membuat banyak orang memilih perangkat Galaxy sejak beberapa tahun yang lalu.

Pada akhirnya perubahan desain, material body dan TouchWiz yang diketengahkan pada Galaxy S6 pastinya menantang penggemar perangkat Samsung. Kepada yang mulai membenci merek ini kami yakin perubahan yang dilakukan mungkin bisa mengubah persepsi buruk Anda terhadap Samsung. Saat ini apa yang kami bisa katakan S6 adalah perangkat yang cukup menantang. Nantikan ulasan lengkap kami selanjutnya saat ponsel pintar ini mulai dipasarkan.

Kelebihan

  • Desain premium. Kombinasi kaca dan aluminium yang elegan dan cukup nyaman dipegang.
  • Spesifikasi tinggi dengan modul RAM yang cepat.
  • Interface TouchWiz baru lebih ringan dan lancar. Jumlah aplikasi terpasang dikurangi dengan drastis.
  • Kamera dengan kemampuan focus tracking dan OIS yang diperbaiki dari Note 4.
  • Lebih banyak pilihan tema.

Kekurangan

  • Permukaan perangkat lebih mudah kotor dan berminyak karena keseluruahnnya terbuat dari kaca.
  • Tidak ada lagi dukungan kartu microSD dan baterai yang dapat dilepas.
  • Speaker menghadap ke bawah.

Komen

Nama
Web