READING MODE  
Situs Berita Teknologi Terkini

MWC 2015: Asus Zenfone 2 – 4GB RAM, Intel Atom 64-Bit

Diterbitkan pada 4th March 2015 oleh

Asus Zenfone 2 telah diperkenalkan pada acara CES 2015 yang lalu. Smartphone ini telah menarik minat banyak pengguna karena spesifikasinya yang menyertakan 4GB RAM dan sensor kamera sebesar 13MP. Kami berkesempatan untuk mencobanya sebentar pada Mobile World Congress 2015.

Jika seri Zenfone sebelum ini hadir dengan layar berukuran 4 inci, 5 inci, dan 6 inci, Zenfone 2 membawakan layar berukuran 5.5 inci dan agak hampir ukurannya dengan Zenfone 5. Kami memiliki Zenfone 5 LTE dan membandingkannya berdampingan, dan sekilas hampir mirip namun dengan ukuran layar dan desain yang berbeda.

Zenfone 5 memiliki desain yang kotak sementara Zenfone 2 agak melengkung pada bagian belakangnya. Kerangka belakang juga diberikan kemasan seperti ‘Brushed Aluminium’ dengan lubang speaker pada bagian bawah, dan juga memiliki tombol volume suara pada belakangnya. Di bagian tepi perangkat Zenfone 2 tidak ada tombol, dan tombol power telah dipindahkan ke bagian atas perangkat.

Smartphone ini memiliki spesfikasi yang agak tinggi. Jika pada Zenfone 5 LTE tidak menggunakan chip Intel, Zenfone 2 menggunakan chip Intel Atom 64-bit quad core. Ada dua variasi kecepatan, salah satunya dengan Intel Atom Z3560 yang berkecepatan 1.8GHz dengan memori 2GB RAM dan satu lagi yang didukung oleh Intel Atom Z3580 yang berkecepatan 2.3GHz dengan memori 4GB RAM. Keduanya memiliki chip grafis PowerVR Series 6 G6430 didukung OpenGL 3.0.

Dari segi penyimpanan, Zenfone 2 menawarkan tiga pilihan penyimpanan yaitu 16GB, 32GB, dan 64GB. Pengguna juga dapat menambah kapasitas penyimpanan melalui ruang kartu Micro-SD hingga 64GB. Asus juga turut menyediakan penyimpanan awan yaitu Asus Webstorage sebesar 5GB. Ponsel ini juga memiliki kapasitas baterai sebesar 3000mAh dengan teknologi pengisian cepat.

Perangkat Asus Zenfone 2 ini memiliki layar berukuran 5,5 inci Full HD dengan resolusi 1920 × 1080, 403ppi dan juga menggunakan layar IPS Corning Gorilla Glass 3. Kamera Pixelmaster 2 juga telah di-upgrade, dengan sensor 13MP, f / 2.0 untuk kamera utama dan sensor 5MP, f / 2.0 dengan sudut besar untuk fungsi Selfie Panorama. Selain itu juga ada NFC dan juga slot dual-SIM yang mendukung LTE.

Selama percobaan singkat kami, dapat kami katakan kamera PixelMaster 2 berfungsi dengan bagus dan memberikan efek blur dibelakang objek yang difokuskan dengan baik. Tidak ada delay yang dialami dan ketika memegangnya merasa elegan karena kerangka belakangnya yang premium. Ia juga tipis dan tidak berat. Mungkin Anda merasa aneh karena pengontrol volume suara ditempatkan di belakang perangkat namun jika Anda pernah menggunakan perangkat LG, mungkin tidak aneh untuk Anda. Ini mungkin dikarenakan Asus menginginkan ketipisan pada ponsel pintar ini.

Zenfone-2-1 Zenfone-2-2Selain itu ponsel ini beroperasi menggunakan Android Lollipop dengan tampilan interface ZenUI yang terbaru. Tidak ada lagi layar seperti timeline pada layar utamanya, namun mungkin karena ponsel yang kami gunakan di-setting hanya untuk percobaan.

Zenfone 2 ini kemungkinan hadir di Indonesia pada kuartal kedua dengan harga mulai 199 USD atau sekitar Rp 2,6 juta.

Komen

Nama
Web