READING MODE  
Situs Berita Teknologi Terkini

MWC 2015: Asus ZenWatch

Diterbitkan pada 4th March 2015 oleh

Pada acara Mobile World Congress kali ini, kami menyaksikan berbagai pengumuman tentang jam tangan pintar dari beberapa produsen. Namun Asus yang telah mengumumkan Asus ZenWatch pada tahun lalu turut menerima kunjungan banyak bagi mereka yang ingin melihat Asus ZenWatch dengan lebih dekat dan kami telah mencobanya untuk beberapa saat.

Asus ZenWatch diumumkan sebelum Huawei Watch dan LG Watch Urbane,jadi ia hadir dengan desain berbentuk persegi panjang, berbeda dangan keduanya. Asus ZenWatch memiliki badan yang lebih tipis serta permukaan layar melengkung sesuai bentuk pergelangan tangan. Jam ini dibalut aluminium dan memiliki warna emas ditengah-tengah badannya.

Dari segi spesifikasi, jam tangan pintar yang beroperasi pada platform Android Wear ini didukung oleh chip prosesor Snapdragon 400 1.2GHz, memori RAM 512 MB, kapasitas penyimpanan internal 4GB, layar 1.63 inci AMOLED dengan resolusi 320 × 320 278ppi serta dilindungi Corning Gorilla Glass 3 dan memiliki ketahanan IP55 waterproofing. Ia membawakan sensor 9-Axis dan juga detektor detak jantung serta baterai berkapasitas 369 mAh.

Dibandingkan dua perangkat jam tangan pintar yang telah kami coba sebelumnya, ZenWatch agak lebih ringan. Ia tidak membawakan rasa besar atau ‘bulky, seperti menggunakan jam tangan G-Shock. Kenapa kami selalu bandingkan itu dengan G-Shock karena jam populer yang hampir semua orang bisa membayangkan ukuran dan tingkat ‘bulky’ jam tersebut. Tetapi dari segi pemakaian jam tangan pintar ini tipis, dan tampak elegan.

Bagi Anda yang lebih menyukai jam tangan dengan desain yang kotak, ZenWatch ini mungkin memenuhi keinginan Anda. Ia juga tampak sesuai untuk digunakan oleh wanita karena ketipisan perangkat ini tidak membuat jam ini menonjol dipakai di pergelangan tangan. Dari segi pemantauan detak jantung, pada permukaan belakang tidak terlihat sensor seperti yang dimiliki jam tangan pintar yang lain namun ia dapat mendeteksi tanpa masalah.

Seperti jam tangan pintar Android Wear yang lain, perangkat ini juga dapat beroperasi menggunakan perintah suara, dan memberikan notifikasi, melihat peta serta berbagai hal yang melibatkan integrasi aplikasi pada smartphone dengan sistem Android Wear. Dari segi penawaran tampilan interface yang tersedia pada jam ini, ia terlihat seperti sedikit, dan tidak sebanyak perangkat lain serta penawaran tali jam perangkat ini hanya terbatas pada tali jam kulit pada tiga warna berbeda.

MWC2015-Asus-Zenwatch-IMG_9865-950x633Saat ini beredar rumor, karena perangkat ini sudah berusia 6 bulan dari tanggal pengumumannya pada 3 September tahun lalu, Asus mungkin akan menawarkan ZenWatch yang tidak beroperasi menggunakan Android Wear, namun sama seperti LG dengan LG Watch Urbane LTE yang beroperasi menggunakan WebOS, dibandingkan Android Wear.

Saat ini, perangkat ini hanya tersedia untuk pasar Eropa pada harga EUR 199 atau sekitar Rp 2,9 juta.

Komen

Nama
Web