READING MODE  
Situs Berita Teknologi Terkini

Telkomsel_2013Sebelumnya kami telah memberitakan bahwa Telkomsel akan mengikuti jejak Indosat dengan menerapkan sistem Carrier Billing untuk memudahkan penggunanya membeli aplikasi atau konten di Play Store.

Carrier Billing atau penagihan secara langsung merupakan salah satu cara yang paling nyaman dan mudah bagi pengguna Android untuk membeli aplikasi dan konten dari Play Store. Pengguna tidak perlu memiliki kartu kredit, debit atau paypal untuk membeli aplikasi atau konten tersebut, namun cukupdengan menggunakan pulsa. Seperti yang sudah pernah kami informasikan sebelumnya bagi pengguna pra bayar akan dipotong langsung dari pulsa setiap membeli aplikasi. Sedangkan pengguna pascabayar, pembelian aplikasi akan masuk pada tagihan.

Telkomsel termasuk operator baru yang mendaftarkan layanan Carrier Billing ini di Google Play. Tidak hanya Telkomsel, ada juga operator dari Perancis yaitu Gratis, Hungaria TMI dengan Magyar Telekom, Slovakia PPF dengan O2, dan Taiwan dengan Taiwan Mobile.

Bagi sebagian besar operator tersebut penerapan Carrier Billing tidak akan berpengaruh besar. Gratis memiliki 9 juta pelanggan, TMI dengan 5.4 juta pelanggan, O2 dengan 1.7 juta pelanggan dan Taiwan Mobile dengan 7.6 juta pelanggan. Namun berbeda halnya dengan Telkomsel di Indonesia yang memiliki 139 juta pelanggan.

Dengan jumlah pelanggan yang sangat besar Telkomsel merupakan jaringan terbesar ke-7 di dunia, dan telah menyumbang lebih dari 20 juta pengguna Android. Hal ini tentunya akan menjadi potensi yang sangat luar biasa bagi Telkomsel dan juga Google Play. Diperkirakan setiap hari akan menghasilkan Rp 2 juta untuk pembelian aplikasi dan konten.

Komen

Nama
Web