READING MODE  
Situs Berita Teknologi Terkini

XL Optimis Berikan Layanan 4G LTE Tahun ini

Diterbitkan pada 17th Maret 2015 oleh

xlDemi mencapai kepuasan 59,6 juta pelanggannya, XL Axiata senantiasa memberikan layanan yang terbaik salah satunya dengan layanan 4G LTE. Dengan memanfaatkan spektrum frekuensi 1.800 MHz, XL Axiata optimis bisa mengkomersialkan 4G LTE yang lebih cepat di tahun ini. Hal ini diungkapan Vice President LTE XL Axiata, Pantro Pander Silitonga.

Selama ini layanan 4G LTE belum bisa maksimal dikarenakan spektrum yang digunakan oleh operator GSM masih kurang memadai, yaitu hanya 900MHz dengan pembagian lebar pita 7,5 MHz untuk XL dan Telkomsel dan 10 MHz untuk Indosat. Sementara idealnya untuk memberikan layanan 4G LTE diperlukan lebar pita minimal 20MHz. Ini bisa dipenuhi dengan memanfaatkan spektrum 1.800 MHz. Dengan spektrum 1.800 MHz, XL dan Telkomsel mempunyai lebar 22,5 MHz, Indosat 20 MHz, sedangkan Tri hanya 10 MHz

Saat ini pemerintah melalui Kemenkominfo sedang melakukan proses penataan ulang untuk pemanfaatan spektrum 1.800 MHz tersebut. Proses ini tidak mudah karena setiap operator memiliki metode pemindahan kanal yang berbeda.

Komen

Nama
Web