READING MODE  
Situs Berita Teknologi Terkini

Pada perangkat selular, ada berbagai fungsi yang dapat menghemat penggunaan data, terutama yang dibawakan oleh Opera dan juga Chrome untuk Android. Kini, pengguna di desktop juga dapat menggunakan fungsi yang lebih kurang sama dan menghemat penggunaan data hingga hampir 50%.

Untuk menghemat data ini, biasanya ia akan compress data yang diperlihatkan kepada Anda dan melalui server penyedia. Sebagai contoh, jika kita menggunakan Opera Turbo, beberapa gambar akan menjadi berukuran kecil sekaligus memberikan dampak ke layar resolusi gambar tersebut.

Pada Chrome fungsi sejenis yang hadir built in membutuhkan plugin tambahan khusus. Google sendiri kini menyediakan sebuah plugin khusus dalam bentuk beta dan dinamakan sebagai Data Saver.

data-saver-betaData Saver memiliki fungsi kurang lebih sama seperti Chrome untuk Android, tetapi bedanya ini ditawarkan untuk pengguna Chrome di Windows, Mac dan Linux.

Anda hanya perlu men-download dari Chrome Web Store, dan instal pada browser Chrome. Anda harus menggunakan Chrome 41 dan terakhir untuk menginstalnya.

Setelah berhasil memasangnya, Anda dapat mengaktifkannya, dan data akan di compress hingga berukuran lebih kecil serta membuat penggunaan data internet Anda lebih kecil dibandingkan biasanya. Satu lagi kelebihan dari penggunaan Data Saver ini adalah web dapat dibuka dengan lebih cepat dibandingkan sebelumnya karena data yang diperlukan lebih berukuran kecil.

Bagi Anda yang sering menggunakan layanan internet dengan kuota data yang terbatas, Anda mungkin dapat men-download dan mencoba sendiri Data Saver ini dalam menghemat penggunaan data Anda ketika berselancar web. Selamat mencoba.

Komen

Nama
Web