READING MODE  
Situs Berita Teknologi Terkini

Braille Smart Gear: Jam Tangan Pintar Untuk Tuna Netra

Diterbitkan pada 30th March 2015 oleh

braill-Smart-Watch-1Tahun 2015 akan menjadi tahun jam tangan pintar. Beberapa produsen perangkat pintar terkemuka sudah memperlihatkan jam tangan pintar mereka pada tahun ini. Apple dengan Apple Watch, Huawei dengan Huawei Watch dan Samsung dengan proyek Orbis. Namun sayangnya semua jam tangan pintar yang ada di pasar atau akan dipasarkan belum ada yang bisa digunakan untuk tuna netra. Menyadari kekurangan ini, Jihoon Kim menghasilkan konsep Braille Smart Gear.

Jam tangan pintar ini tidak memiliki layar kontak sebaliknya memiliki muka jam yang bisa menampilkan tulisan Braille. Pengguna tuna netra kini dapat membaca SMS yang dikirim langsung pada jam tangan ini. Dukungan aplikasi navigasi GPS turut disertakan. Jam tangan pintar ini juga dapat menjawab dan melakukan panggilan telepon. Konsep ini hanya memungkinkan pengguna membaca pesan dari layar perangkat pintar yang terpasang. Namun sayangnya tidak ada fungsi untuk mengetik Braille built-in untuk mereka menjawab pesan yang diterima secara langsung.

Saya memiliki seorang tetangga tuna netra, ia sampai saat ini masih menggunakan ponsel Nokia yang lama. Ketika ditanya mengapa tidak menggunakan perangkat pintar beliau menjawab perangkat pintar tidak memiliki tombol fisik. Dia tidak bisa mengetik menggunakan layar kontak. Telepon “tidak pintar” yang kita ejek sebenarnya sangat pintar bagi penyandang tuna netra ini dibandingkan perangkat pintar yang kita gunakan. Ia dapat membaca SMS yang dikirim serta mudah diajarkan penggunaannya kepada penyandang tuna netra. Tetangga saya ini mulai risau karena ponselnnya sudah uzur dan model yang sama tidak lagi dijual. Kadang kala tanpa kita sadari seringkali kita seakan berlomba untuk mendaparkan perangkat yang paling “pintar” sementara kita lupa kepada saudara-saudara kita yang masih membutuhkan perangkat “tidak pintar”.

braill-Smart-Watch-2

 

Komen

Nama
Web