READING MODE  
Situs Berita Teknologi Terkini

Sejumlah aplikasi pada perangkat selular kita hadir dengan dukungan geolokasi, dimana biasanya, kita tidak akan risau ketika memilih untuk mengaktifkannya. Terakhir, salah satu plugin untuk Facebook Messenger yang diterbitkan seorang pengembang, memperlihatkan betapa bahayanya hal tersebut, karena pada saat yang sama Anda telah memberikan akses kepada orang lain untuk melihat di mana lokasi Anda saat itu dan dimana Anda sering mengirim pesan dan sebagainya.

Plugin yang dinamakan sebagai Marauders Map ini menampilkan peta berukuran kecil pada bagian tepi halaman Facebook Messenger, dimana ia menarik data berdasarkan data geolokasi yang dikirim bersama-sama setiap pesan. Biasanya, ini untuk pengguna perangkat Android dan juga iOS saja.

fb-messengerDari percobaan kami terhadap plugin tersebut, ia memperlihatkan data terkait lokasi seseorang yang mengirim pesan kepada Anda, termasuk dari mana mereka mengirim – sekaligus menunjukkan lokasi yang sering dikunjungi serta sebagainya. Data yang ditampilkan juga sangat tepat, bahkan bisa ke sampai 3 meter tepat lokasi paparannya.

Untuk menghindari hal ini, apalagi mengingat ia dapat diakses oleh teman orang lain, Anda dapat menonaktifkan dukungan lokasi ini.

Pada perangkat Android, Anda hanya perlu tekan tombol Setting (pada pojok kanan atas aplikasi Facebook Messenger), dan pada Location, Anda matikan dukungan tersebut.

Sedangkan untuk iPhone, Anda dapat mematikannya dengan ke halaman pengaturan Settings, kemudian ke Location Services dan matikan pilihan Facebook Messenger.

DSC_0556

Komen

Nama
Web