READING MODE  
Situs Berita Teknologi Terkini

Tutorial: Bagaimana Cara Menggunakan WhatsApp Web?

Diterbitkan pada 22nd January 2015 oleh

Tentu banyak yang masih bertanya-tanya bagaimana cara  menggunakannya. Untuk itu kami sediakan tutorial singkat untuk membantu Anda menghubungkan perangkat ke web dan menggunakan WhatsApp melalui web.

Download Aplikasi WhatsApp Terbaru

Untuk pengguna Android, Anda harus terlebih dahulu mendownload dan menggunakan versi WhatsApp terbaru. Menurut pengalaman kami, untuk menggunakan WhatsApp Web ini, Anda membutuhkan WhatsApp versi 2.11.498 (atau terakhir). Update untuk Android diperkenalkan secara bertahap, jadi Anda perlu menunggu  sebelum menerimanya. Jika tidak ingin menunggu untuk waktu yang lama, Anda dapat men-download file APK untuk WhatsApp 2.11.498, dan memasangnya pada perangkat Anda.

Masuk Ke WhatsApp Web

Setelah download dan update aplikasi Anda, buka web browser Chrome, lalu buka situs WhatsApp Web.

whatsapp-web-00

Akan tampil sebuah QR code khusus, dimana Anda harus memindainya. Untuk memindai, buka aplikasi WhatsApp Anda, dan pilih menu WhatsApp Web. Pindai kode QR tersebut, dan Anda akan masuk ke layanan WhatsApp untuk digunakan melalui web.

Untuk Android: Tekan pada tiga titik di sudut kanan atas, lalu pilih menu WhatsApp Web. Ini akan membuka aplikasi kamera untuk mulai memindai kode QR.

Untuk BlackBerry 10: Pilih halaman Chat, scroll  layar dari atas  ke bawah, lalu  pilih WhatsApp Web. Ini akan mengaktifkan kamera untuk memindai QR code.

Untuk Windows Phone: Buka menu, lalu  pilih WhatsApp Web, berikutnya pindai  QR code menggunakan aplikasi kamera yang diaktifkan.

whatsappweb-android

Selain menggunakan WhatsApp Web di  web browser, Anda juga  dapat memantau penggunaan WhatsApp melalui aplikasi yang sama. Pada aplikasi yang sama, jika Anda memilih menu WhatsApp Web untuk kedua kali atau berikutnya, akan tampil aktivitas terakhir atau aktivitas Anda yang masih aktif berhubungan dengan web browser yang  memudahkan Anda mengatur penggunaan WhatsApp pada komputer.

Menggunakan WhatsApp Web

whatsapp-web_01

WhatsApp Web terhubung ke perangkat Anda menggunakan dukungan internet, dan mungkin membutuhkan Anda terhubung ke jaringan WiFi untuk mengurangi penggunaan data.

Menggunakan WhatsApp Web, Anda dapat melihat teks-teks yang telah  tersimpan pada perangkat Anda di WhatsApp, selain  itu juga dapat mendownload gambar yang dikirim teman, dan mengakses jendela chat teman.

Anda juga juga dapat memulai percakapan baru dengan melakukan pencarian nama, dan mulai mengirim teks ke teman Anda. Dari pengalaman kami, setelah Anda login ke WhatsApp Web, Anda tidak perlu memindai  QR code lagi, kecuali jika Anda memilih untuk log out.

Mengaktifkan Notifikasi

Pada Chrome ada dukungan notifikasi, dan Anda dapat menggunakan fungsi ini bersama WhatsApp Web.  Anda harus klik sebuah kotak info yang ditampilkan pada bagian paling atas jendela percakapan. Anda selanjutnya dapat memilih untuk mengaktifkan hanya suara saja, atau  menampilkan  juga notifikasi pada komputer Anda.

Log out Dari WhatsApp Web

whatsappweb-logout

WhatsApp tampaknya ingin memudahkan proses menggunakanny. Anda tidak dianggap log out apabila menutup tab WhatsApp Web pada web browser. Anda dapat log out dari perangkat atau langsung pada halaman web tersebut, dengan klik pada tiga titik, selanjutnya memilih Log Out.

Jika lupa, Anda masih bisa melakukannya pada perangkat selular Anda dengan cara, buka menu, dan pilih WhatsApp Web – seperti pada saat Anda memulai kamera untuk memindai QR code. Kemudian akan muncul sesi yang aktif, selanjutnya klik log out.

Bagaimana, cukup mudah kan? Selamat mencoba. :)

Terdapat 56 komen
  1. Sayangnya tidak bisa lebih dari 1 klo kita mau scan barcode..katakan hp istri kita sdh kita sadap tp.hp ank.kita belum tanpa log out?gimana solusinya min?

  2. Masih belum pahamm aku , kalo aku pakr app di androit cara mendapatkan barcode code ya wa yg mau di sadap gimana ???,

  3. kalau kita udah pernah scan barcode korban,,masuk tp keesokan harinya gk bisa masuk lg apa bisa login lg tanpa scan barcode?mohon solusinya

    • selama g log out tidak perlu mengulang namun apabila d log out maka tentu haru scan barcode lagi… kalau masalah jendela menutup gpp masuk aja ketik url web.whatsapp ….. nnti akan ada hisgirynya.. saya sarankan pakai opera kalau pakai android hehe

      • Sy sudah ketik url web whatsweb tapi kok gak ada historynya, yg ada malah iklan whatsapp
        Coba agak diperjelas lagi dong?

  4. Awal bisa di gunain tp stlh kluar dr aplikasi kox gak bs di gunain ea, gmn cr melihat hasil sadap yang kemarin

    • ketik url webwhatsapp nya.. nanti ada history nya byasanaya setelah url ada tambahan huruf kalau pnya saya ada “en”

  5. Min mau tanya,klo whatsapp kita d sadap pke web lite,lalu untuk menghentikan sadapnya hrus gmn?

  6. sekarang kok tidak bisa di close whatscanya maksud saya dulu kalau ditekan close di hp ketika mau buka lagi bisa connect tapi sekarang uda gabisa jadi whatscannya gak bisa bertahan lama.

  7. Min kok pas aku masuk di whatscan QR code ku gakmau muncul malahan muncul iklan dan suruh download chrome mozila atau opera gitu min, gmn ya

  8. Saya pernah menyadap scand barcode ke hp target dn berjalan …tp besok ny saya lupa keluar…apakah mesti scand barcode lagi..ada solusi lain gk soalnya hp korban jauh ..

  9. Gimana ya suka ada notif ‘app web sedang aktif” d layar hp korban nih gan…
    Minta pencerahan dong

  10. Setelah hp korban di scan, trs klu hp kita dimatikan kok tdk bisa terhubung lagi dgn korban ya, apa perlu scan lagi atau ada cara lain

  11. Itu scan nya harus langsung dari hp nya ya? Kalo lewat screenshot dikirim ke orangnya suruh scan barcode gak bisa?

  12. Min, Kala aplikasi whatsapp Wendy’s terhapus? Splash visa menyadap Lagi Tampa Hari’s scan bar consents?

    • Min, Kalau aplikasi whatsapp Web nya terhapus, dan sy unduh aplikasinya lagi apakah bisa lagi menyadap dan mengintip chat seseorang tanpa harus scan bar codenya? Atau harus scan lagi baru bisa?

  13. Min… Yg sy mau tanyakan knp klo sdh buka webscan terus kita kembali tutup dan ketika dibuka lg yg muncul malah barcode lg…. Tolong solusix dong

  14. Misalkan data korban tidak aktf kan kita tidak bisa melihat whatsapp korban apakah setelah aktif kita bisa melihat kembali tanpa memindai kode batangnya…mnta pnjelssan maaf

  15. hmmmm, sama aja ada lagi engga yaa, aplikasi yg lain yg utk bisa menyadap, masa baru tadi di scan, ehh sejam kemudian udh hilang, mau engga mau harus scan lagi, yaaa mana bisa,,, udh bisa ngambil hp nya aja luar biasa banget, ada solusi engga yaa, biar abis di scan itu wa nya engga hilang selama lamanya tanpa di log out dan keluarin semacem pun?

  16. misal aplikasi whatsapp korban di logout apakah masih bisa jalan sadapan kita bung???mohon pencerahanya

  17. Gan, misalnya si korban tau klo whatsapp dia di hack, trs si korban bisa tau ga no yg udh hack whatsapp dia?

  18. min misal hp yang nyadap itu gak sengaja direstart tp belum log out terus kalo mau nyadap lagi apa harus scan barcode lagi?

    • Buka whatsweb dari hpmu,setelah terlihat kode batang pada browser hp kamu,kamu scan barcode itu pakai hp si yang pingin di sadap,usahakan ceklis pada kolom (biarkan saya tetap masuk) untuk menghindari whatsweb log uot sendiri dengan waktu yang singkat.

  19. Tolong bantuannya. Pas masuk whatsapp web di android ko palah suruh milih web browser, ga keluar barcode nya. Padah aplikasi frefox dan chrome sudah terinstal.

    • Kalau miliku gabisa scroll chat melihat chat kebawah dari siapa saja jadi hanya melihat pesan beberapa orang saja yang teratas

  20. Min kalau menghubungkan ulang berarti si hp yang kita sadap itu sedang tidak ada data atau sedng tidak buka whatsapp?

  21. WhatsApp yg udah di sadap terus ganti hp
    Otomatis di wa web keluar
    Itu cara masuk lagi tanpa bardcode gimana ya

  22. Min, whatsweb skrg ga bs bertahan lama, skrg 2hr lgs kluar iklan ga bs balik ke menu web chat nya…biar balik kemenunya lg biar bs lanjut look cat nya bgm ya gan?

  23. Ini gmna uda brulang² diem² pnjam hp korban buat sadap eh, belum 5 menit uda log out barcodenya gimana sih..tolong klo bisa whatsweb nya sama² untuk androit dn sbg nya. Jangan cuma whatsweb for pc doang.. Katanya whatsweb scaner for androit tpi nyatanya tetap saja untuk pc..

  24. Cara agar hp korban gatau kalau lagi kita sadap gmn ya? Korban saya hp oppo terbaru, di hp korban malah ada pemberitauan whatsappweb sedang terhubung dengan prgkt lain. Need help ya min,thx

  25. Min, klo kita mau sadap whatsapp pasangan kita misalnya data kita aktif tpi data pasangan kita ga aktif itu bisa ga min ? Klo ga bisa ada solusinya ga biar bisa disadap ?

    Makasih min

  26. Min, klo kita mau sadap whatsapp pasangan kita misalnya data kita aktif tpi data pasangan kita ga aktif itu bisa ga min ? Klo ga bisa ada solusinya ga biar bisa disadap ?

    Makasih min

  27. Hasil dri screenshot smua kontak korban, kenapa gak bisa dilihat digaleri qt ya bro.. tlng pnjelasannya mturnuwun

Komen

Nama
Web