READING MODE  
Situs Berita Teknologi Terkini

Seiring dengan perkembangan teknologi salah satu hal yang juga ikut berkembang adalah masalah keamanan perangkat. Pengungkapan masalah suatu perangkat kini dibuat secara lebih terbuka untuk memudahkan pengguna lebih berhati-hati. Pada awal tahun ini kita telah mendengar masalah Superfish yang melibatkan komputer Lenovo, dan kini sebuah masalah keamanan baru juga ditemukan pada komputer keluaran Apple.

Masalah keamanan baru ini hadir dengan kode UEFI (Unified Extensible Firmware Interface). Ia didesain untuk memperbaiki dan menggantikan penggunaan BIOS sebelum ini. Kode ini biasanya dikunci untuk menghindari dilakukannya perubahan sehingga mengganggu sistem komputasi pengguna.

Pada komputer Apple sebelum pertengahan 2014 kode UEFI ini ditemukan tidak terkunci ketika komputer tersebut memasuki mode sleep. Menurut peneliti yang menemukan masalah ini, kode UEFI tersebut dikatakan dapat diedit ketika komputer Apple tersebut diaktifkan kembali dari mode sleep.

Apple masih belum mengeluarkan komentar terkait permasalahan ini. Sebagai langkah keamanan pencegahan dan menghindari dari dieksploitasi, peneliti tersebut menyarankan pengguna untuk sering menutup komputer Apple mereka dan tidak meletakkannya dalam mode sleep.

Masalah ini ditemukan hanya pada komputer Apple sebelum pertengahan 2014 saja.

 

Komen

Nama
Web