READING MODE  
Situs Berita Teknologi Terkini

Jika Anda sering men-upload foto di Facebook, Anda mungkin tahu bahwa algoritma built-in pada situs sosial tersebut dapat mengidentifikasi seseorang dengan menggunakan gambar wajah. Kini, algoritma tersebut melangkah setapak lebih maju, kini Facebook dapat mengidentifikasi seseorang meskipun gambar wajah tidak jelas atau tidak terlihat.

Algoritma dan teknologi dibalik fungsi tersebut saat ini, sedang dalam tahap pengembangan dan pengujian secara internal di Facebook saja tanpa diperkenalkan secara resmi pada situs sosial tersebut.

Algoritma tersebut memindai beberapa aspek, seperti dari segi pakaian yang dipakai, background lingkungan sekitar dan sebagainya. Namun bagaimana algoritma ini berjalan sepenuhnya masih belum mau dibagikan oleh Facebook.

Facebook mengklaim telah membuat tes dari beberapa gambar publik di Flickr, dimana proses identifikasi yang sukses adalah sekitar 83%.

Seperti biasa, ini merupakan salah satu hal yang menarik dalam arena teknologi karena teknologi sekarang bisa identifikasi seseorang meskipun tidak melihat pada gambar dan sebagainya. Tetapi, pada saat yang sama, ini juga akan menyebabkan masalah pelanggaran privasi dikemudian hari.

 

Komen

Nama
Web