READING MODE  
Situs Berita Teknologi Terkini

3 Langkah Memastikan Akun Facebook Anda Lebih Aman

Diterbitkan pada 25th January 2015 oleh

Facebook kini telah menjadi salah satu jejaring sosial yang banyak digunakan  untuk berbagi informasi dan kabar terbaru dari penggunanya. Hal ini sekaligus menjadikan Facebook sebagai salah satu halaman profil utama. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk memastikan akun Facebook Anda aman agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan dapat merugikan.

Ada beberapa hal yang Anda bisa lakukan untuk memastikan akun Facebook Anda aman.

Mengaktifkan Dukungan Dual Corfirmation

Untuk memastikan dan menghindari akun Anda diakses oleh mereka yang tidak diinginkan, salah satu hal yang Anda bisa lakukan adalah dengan mengaktifkan dukungan Dual Corfirmation. Untuk mengaktifkannya, Anda akan diminta untuk memasukkan kode khusus setelah Anda login menggunakan password biasa, sebelum Anda mengakses Facebook.

screenshot_90

Kode khusus ini biasanya akan dikirim ke nomor telepon Anda, atau Anda juga dapat menggunakan aplikasi Facebook yang terpasang pada perangkat mobile untuk mendapatkan kode khusus tersebut.

Dengan begitu akun Facebook Anda lebih aman, dan sulit untuk diakses oleh pengguna lain – dibandingkan dengan hanya menggunakan password saja. Selain hanya password, Anda juga turut dapat mengontrol browser apakah yang dapat mengakses akun Anda pada halaman pengaturan Facebook Security.


Memastikan Update Di Facebook Anda Hanya Dilihat Oleh Mereka Diizinkan Saja

Facebook sudah memiliki fungsi Share pada layanan mereka dalam memungkinkan pengguna berbagi posting dengan orang lain. Fungsi ini mungkin berguna untuk akun Facebook Page yang memang ditujukan untuk pengguna umum, tetapi mungkin tidak begitu cocok untuk akun personal.

post-privacy

Anda dapat mengubah pengaturan posting ketika menulis status atau men-upload foto. Anda dapat memilih siapa sajakah yang bisa melihat posting-an Anda, apakah dapat diakses oleh semua (publik), diakses oleh teman yang sudah Anda add di Facebook saja, atau hanya Anda seorang. Bagi akun personal, kami sarankan Anda memilih berbagi di kalangan teman Anda saja. Namun jika ada informasi yang ingin Anda bagi dengan banyak orang,  Anda bisa memilih berbagi ke publik.

Anda juga dapat mengubah pengaturan posting lama Anda termasuk gambar-gambar yang sudah di-upload ke Facebook ke pribadi atau di kalangan teman saja dengan satu klik.

screenshot_93

Caranya sangat mudah yaitu dengan klik menu privasi pada halaman pengaturan, selanjutnya pada bagian siapakah yang dapat melihat posting lama Anda, pilih untuk membatasi posting lama. Di halaman pengaturan ini Anda juga dapat mengatur siapa yang melihat posting Anda.

Kunjungi: Facebook Privasi 


Mengontrol Aplikasi Yang Memiliki Akses Ke Profil Facebook Anda

Saat ini banyak layanan web yang meminta Anda login Facebook terlebih dahulu untuk menggunakan web tersebut. Mungkin adakalanya Anda tidak mennyukai suatu aplikasi dan tidak menggunakannya lagi, tetapi lupa untuk menghapus integrasinya dengan akun Facebook Anda.

screenshot_94

Untuk tujuan tersebut, pihak Facebook menyediakan sebuah halaman pengaturan khusus yang memungkinkan Anda menghapus integrasi akun tersebut dengan profil Facebook Anda, sekaligus mengontrol  info yang diakses oleh aplikasi tersebut.

Kunjungi: Facebook App


Dengan mengubah pengaturan ini, Anda dapat membatasi info Anda yang dapat diakses di Facebook, sekaligus membuat akun Anda lebih aman dan tidak mengungkapkan info Anda kepada mereka-mereka yang tidak diinginkan.

Anda juga juga dapat melakukan update berkala untuk akun Facebook Anda untuk mengetahui aplikasi  apa saja yang mengakses info Anda, selain  itu juga untuk mengontrol apa sajakah yang dibagikan oleh Anda dan kepada siapa Anda bagikan. Selamat mencoba.

Komen

Nama
Web