READING MODE  
Situs Berita Teknologi Terkini

Pada versi Windows sebelumnya ketika menggunakan lebih dari satu layar, hanya layar yang ditetapkan sebagai layar utama (primary display) akan menampilkan taskbar. Pada layar kedua taskbar tidak akan ditampilkan langsung.

Di Windows 10, secara default semua layar akan menampilkan taskbar pada bagian bawah layar. Menurut kami hal ini membuat tampilan layar kurang rapi, sehingga kami lebih suka membuangnya. Bagaimana menurut Anda? Jika Anda ingin membuang tampilan taskbar tersebut, silakan ikuti langkah-langkah kami berikut ini.

1. Secara default taskbar akan terletak di bawah layar tetapi Anda dapat menarik taskbar ke kanan, kiri dan atas sesuai dengan selera anda. Di dalam gambar taskbar di tampikan di bawah pada layar utama dan juga layar kedua lengkap dengan semua ikon program yang telah disematkan padanya. Klik kanan (right click) pada ruang kosong pada taskbar di desktop Anda.

Multiscreen-1b2. Akan muncul menu, kemudian pilih “properties“.

Multiscreen-23. Sebuah menu baru akan muncul pada sudut kiri layar utama. Pada menu akan tampak “Show taskbar buttons on“, dipilih. Inilah yang menyebabkan taskbar dengan semua ikon program ditampilkan pada kedua layar komputer.

Multiscreen-sidenars4. Hapus centang “Show taskbar on all displays” untuk menampilkan taskbar hanya pada layar utama. Seperti pada gambar di bawah, taskbar kini hanya ditampilkan pada layar utama di sebelah kiri.

Multiscreen-4a5. Ada juga pilihan untuk menampilkan taskbar pada layar kedua yang hanya menampilkan tombol Windows, Search dan Task View. Di bawah menu “Show taskbar buttons on“, pilih “Main taskbar and taskbar where window is open“. Jika ini dipilih setiap jendela folder dan aplikasi yang telah dibuka akan ditampilkan pada taskbar terlepas pada layar manakah itu dibuka. Pada gambar di bawah Anda dapat melihat dua ikon kecil pada taskbar layar kedua. Ini mewakli dua jendela yang diletakkan pada layar kedua. Pada waktu yang sama ikon untuk jendela yang sama juga ditampilkan pada taskbar layar utama.

Multiscreen-5a6. Pilihan ketiga dan terakhir pada menu “Show taskbar buttons on” adalah “Taskbar on where window is open“. Jika ini dipilih, ikon kecil mewakili jendela yang terbuka pada layar kedua akan ditampilkan. Tidak seperti contoh di atas kali ini ikon yang sama tidak muncul pada layar utama. Kami sekarang menggunakan pengaturan ini untuk memudahkan pencarian folder / program yang dibuka pada layar tertentu. Ini sangat memudahkan kerja. Tombol Task View juga dapat digunakan untuk memudahkan Anda melihat folder/program apakah yang dibuka pada layar-layar komputer Anda.

Multiscreen-6Diharapkan tutorial singkat ini dapat memudahkan Anda beradaptasi menggunakan Windows 10. Kami akan memberikan lebih banyak tutorial seperti ini ke depannya, jadi pastikan Anda baca terus Amanz Indonesia.

Komen

Nama
Web