READING MODE  
Situs Berita Teknologi Terkini

Kesan Pertama: Samsung Galaxy Note 5

Diterbitkan pada 13th Agustus 2015 oleh

Samsung Galaxy Note merupakan salah satu perangkat yang bisa disebut sebagai pelopor smartphone dengan layar besar dan dilengkapi dengan stylus. Boleh dikatakan stylus pada Galaxy Note 5 jauh lebih baik dari berbagai perangkat lain hingga saat ini. Ia dikenal dengan S-Pen, dan hadir built-in pada smartphone tersebut. Hari ini, Samsung memperbarui keluarga phablet Galaxy Note dengan memperkenalkan perangkat generasi kelima mereka, selain juga upgrade dukungan S-Pen dengan fungsi yang lebih menarik.

 

Desain Dan Spesifikasi

Samsung Galaxy Note 5 hadir dengan layar berukuran 5,7 inci beresolusi 2560×1440 pixel. Secara hitungan, ia membawakan tingkat kepadatan pixel pada 518PPI yang menawarkan tampilan teks dan gambar yang lebih jelas dan tajam dibandingkan berbagai perangkat lain di pasar.

Samsung menggunakan desain berbasis logam untuk perangkat ini, dan ia juga hadir dengan desain bagian belakang yang melengkung. Ini membuat Galaxy Note 5 lebih nyaman untuk digenggam dan terlihat lebih compact dibandingkan Galaxy Note 4 sebelum ini. Kami juga menemukan, Galaxy Note 5 ini lebih nyaman dipegang dibandingkan dengan Mi Note yang turut hadir dengan desain melengkung pada bagian belakang.

Samsung Galaxy Note 5 dipersenjatai dengan chip prosesor octa core yang hadir dengan kombinasi dua chip quad core, masing-masing bertenaga 2.1GHz dan juga 1.5GHz. Samsung menyertakan memori 4GB RAM LPDDR4 pada smartphone ini, serta menggunakan ruang penyimpanan 32GB berbasis kepada UFS 2.0. Dengan spesifikasi tersebut, multi tasking dapat dilakukan dengan lancar dan tanpa hambatan.

Pada bagian baterai, Samsung melengkapinya dengan baterai berkapasitas 3000mAh. Seperti biasa, ia mendukung kemampuan pengisian tanpa kabel, serta pengisian cepat menggunakan kabel micro-USB 2.0. Kemungkinan penggunaan USB Type-C masih terlalu awal saat ini, dan mungkin kita baru dapat melihatnya pada tahun depan dari Samsung. Untuk pengisian ini, Samsung mengatakan pengisian penuh akan memakan waktu sekitar 90-menit menggunakan kabel, atau 120 menit menggunakan pengisian nirkabel.

S-Pen

smgn5_03
Seperti dinyatakan pada awal artikel ini, pada Galaxy Note 5, Samsung memfokuskan sepenuhnya kepada penggunaan S-Pen. S-Pen pada Galaxy Note 5 diperbarui dari segi desain, sensitivitas dan turut menyertakan beberapa metode baru penggunaan.

S-Pen kini tidak lagi menggunakan metode untuk cungkil untuk keluar, tetapi memungkinkan penguna mengeluarkannya hanya dengan mengklik. Ia menggunakan sistem Spring Loaded. Hal ini tentunya lebih memudahkan pengguna yang memiliki kuku jari yang pendek.

Pada Galaxy Note 5, kemudahan penggunaan S-Pen juga menjadi fokus utama. Kini, pengguna tidak lagi perlu mencari aplikasi S-Memo setelah mengeluarkan S-Pen, sebaliknya ia akan aktif secara otomatis ketika Anda mengeluarkan S-Pen dari lockscreen. Hal Ini memungkinkan Anda dapat langsung membuat catatan atau sketsa tanpa harus membuang waktu, dan menulisnya pada layar dengan latar berwarna hitam. Tulisan Anda akan berwarna putih. Anda juga tidak perlu khawatir untuk menyimpan secara manual, karena aplikasi tersebut akan membuat penyimpanan pada perangkat setelah Anda memasukkan kembali S-Pen pada ruang yang disediakan. Ini sekaligus membuat Anda dapat menggunakan S-Pen tanpa perlu membuka lockscreen Galaxy Note 5.

smgn5_06-650x433Pada Galaxy Note 5 juga, pengguna dapat membuat tulisan pada dokumen PDF. Pengguna dapat menggunakan S-Pen untuk highlight suatu kata, ataupun membuat tanda-tangan dan catatan padanya. Setelah selesai membuat catatan, pengguna bisa menyimpannya dalam bentuk PDF kembali (bukan hanya JPG) pada versi sebelumnya.

Samsung mengatakan penulisan pada Galaxy Note 5 sekarang lebih alami dibandingkan sebelumnya, bahkan ketepatan penulisan juga turut ditambahkan pada S-Pen ini.

Seperti pada Galaxy Note 4, Samsung juga menyertakan dukungan Air Command. Pada Note 5 Air dukungan tersebut diperbarui dan memungkinkan pengguna menyertakan aplikasi untuk diakses dengan cepat pada Air Command. Ini sekaligus membuat Anda tidak hanya dapat mengakses beberapa perintah khusus pada Air Command, tetapi menyertakan hingga 3 aplikasi sebagai akses cepat menggunakannya.

Satu lagi fitur baru yang disertakan pada S-Pen kali in adalah fungsi screen captured. Fungsi ini memang sudah tersedia ada pada Galaxy Note sebelumnya, tetapi kini Samsung memudahkan pengguna untuk memotret layar yang panjang ke bawah. Sebagai contoh, situs web yang panjang, dan pengguna dapat membuat rekaman keseluruhan situs tersebut dan menyimpannya dalam bentuk JPG, menambah catatan padanya, atau berbagi dengan teman-teman lain.

Kamera

smgn5_05Kamera pada ponsel pintar keluaran Samsung, terutama flagship merupakan terbaik dipasaran, bahkan Galaxy S6 sebelum ini merupakan smartphone dengan kamera terbaik di pasar. Kami sendiri sebelum ini menggunakan Galaxy S5 untuk tujuan rekaman video dan gambar di Amanz.

Pada Galaxy Note 5, seperti biasa, Samsung menyertakan kamera berkualitas tinggi. Pada bagian belakang, Samsung menyertakan kamera 16 megapixel F1.9 dengan dukungan stabilisasi gambar optik. Ia juga hadir dengan beberapa fitur khusus menarik, selain kemampuan merekam gambar dalam bentuk RAW, salah satu hal yang akan menjadi minat banyak fotografer.

Samsung juga menyertakan beberapa modus khusus pada perangkat ini, termasuk WideSelfie dan Advanced Selfie menggunakan kamera depan 5 megapixel F1.9.

Disamping itu, salah satu fitur baru yang menarik perhatian kami pada bagian kamera adalah dukungan LiveBroadcasting. Dengan fitur ini pengguna dapat membuat siaran langsung video dari smartphone Samsung ke web melalui YouTube. Ini tentu akan diminati banyak orang yang terlibat dalam bidang penyiaran maupun bintang-bintang YouTube untuk langsung, dibandingkan beberapa layanan lain seperti Periscope, Meerkat dan sebagainya yang menampilkan video secara vertikal.

Audio, Pemindai Sidik Jari

Disamping memberikan perhatian kepada layar, kamera, dan desain perangkat, Samsung juga tidak meninggalkan fokus terhadap fungsi audio pada perangkat ini. Samsung Galaxy Note 5 hadir dengan dukungan UHQ Audio (Ultra High Quality) yang memungkinkan audio di-upscale dari audio biasa pada 24bit. Ini membuat mereka yang gemar audio berkualitas tinggi, tertarik dengan smartphone ini. Samsung juga turut menyertakan fitur khusus tambahan bagi para pengguna yang menggunakan aksesori audio dari mereka, yaitu Samsung Level.

smgn5_11-650x433Satu lagi fitur khusus yang disertakan pada Galaxy Note 5 adalah dukungan pemindai sidik jari. Hal ini mungkin sudah diketahui banyak orang mengingat Samsung sendiri memfokuskan kepada fungsi pembayaran Samsung Pay. Pemindai sidik jari ini selain untuk tujuan pembayaran (yang hanya didukung di Korea Selatan dan Amerika Serikat saja), juga menawarkan sekuritas tambahan untuk pengguna Galaxy Note 5, seperti saat mengakses perangkat dan sebagainya.

SideSync dan Lain-Lain

Samsung telah menawarkan fungsi integrasi perangkat langsung ke desktop melalui software SideSync mereka. Melalui Galaxy Note 5, SideSync diperbarui ke versi SideSync 4.0, yang menghadirkan fitur-fitur khusus terbaru, salah satunya Auto Connection. Fitur ini memungkinkan pengguna menghubungkan dan berkomunikasi dengan komputer secara otomatis ketika menggunakan jaringan sama hanya dengan sekali setting. Ini membuat Anda tidak lagi perlu menghubungkan perangkat secara manual setiap hari.

SideSync baru turut menyertakan dukungan notifikasi ke PC, memungkinkan Anda melihat notifikasi seperti panggilan, SMS dan sebagainya, serta mengelolanya menggunakan komputer Anda. Dan terakhir, satu lagi fitur baru yang dibawakan oleh SideSync adalah dukungan mengirim file antara perangkat ke desktop dan juga sebaliknya.

Samsung juga menyertakan sensor denyut jantung pada Galaxy Note 5 ini. Seperti biasa, ia terkait erat dengan penggunaan S-Health.

Penutup

Galaxy S6 sebelumnya telah telah membuat kami jatuh hati, dan kini Galaxy Note 5 meneruskan tradisi tersebut. Dengan integrasi S-Pen, ia memfasilitasi beberapa kegiatan, terutama terkait dengan catatan. Ini membuat suatu perangkat yang sangat berguna untuk berbagai tugas, dari pelajar hingga pekerja.

Komen

Nama
Web