READING MODE  
Situs Berita Teknologi Terkini

Cara Menghemat Penggunaan Data Pada Perangkat Android

Diterbitkan pada 28th January 2015 oleh

Penggunaan data pada perangkat selular adalah salah satu hal yang menjadi perhatian banyak pengguna, apalagi dengan kuota yang terbatas untuk beberapa paket online dari provider telekomunikasi.

Untuk menghemat dan mengelola penggunaan data, ada beberapa cara singkat yang mungkin dapat membantu Anda dalam menghemat penggunaan data, walaupun tidak signifikan.

Mengelola Penggunaan Data

IMG_20141124_164457

Pada perangkat Android (mulai Android 4.0), Google telah menyertakan fitur untuk memantau penggunaan data yang hadir built in pada halaman pengaturan. Untuk menggunakannya, Anda dapat mengatur berapa kuota bulanan yang ditawarkan paket online provider Anda. Selanjutnya akan ada juga notifikasi  ketika penggunaan Anda sudah mendekati batas kuota.

data-restrictKami telah mencoba fitur ini pada perangkat mobile, fitur ini memberikan statistik yang cukup tepat. Fitur ini tidak memantau penggunaan data WiFi Anda, jadi Anda masih dapat menikmati berbagai konten menggunakan WiFi, dan tidak perlu khawatir akan disertakan pada pemantauan ini.

Selain dari fitur built in tadi, ada satu lagi aplikasi khusus dengan fungsi yang lebih kurang sama yaitu Onavo Count

Anda juga bisa mengurangi penggunaan data dengan memilih pengaturan “Restrict Background Data“, tetapi hal ini mungkin akan memberikan dampak terhadap beberapa aplikasi lain.


Mengurangi Data Ketika Menjelajahi Web

Ketika menggunakan perangkat selular, adakalanya Anda ingin mengakses suatu situs dengan cepat. Anda juga dapat menghemat penggunaan data dengan menggunakan beberapa browser web khusus.

Salah satu yang populer adalah Opera Mini yang menawarkan penghematan data hingga 90% dengan compress ukuran file sebelum ditawarkan kepada Anda.

Selain Opera Mini, kini browser Chrome juga hadir dengan fungsi built in, dinamakan sebagai “Reduce Data Usage” yang dapat diaktifkan melalui pengaturan pada Chrome.

chrome-data


Mengaktifkan Fungsi Update Aplikasi Menggunakan WiFi Saja

Salah satu hal yang menggunakan data cukup banyak pada perangkat selular adalah dukungan update aplikasi melalui Google Play. Terkadang, Anda mungkin tidak menyadari ketika aplikasi Anda diupdate menggunakan kecepatan data yang cukup tinggi.

google-play-wifi

Anda dapat memantau dan menguranginya dengan mengaktifkan fungsi untuk memperbarui aplikasi ketika dihubungkan ke jaringan WiFi saja.

Untuk mengaktifkannya, Anda hanya perlu membuka Google Play Store, ke halaman Settings, dan memilih pengaturan Auto-update Apps ke WiFi saja.


Menggunakan Dukungan Peta Offline

Fungsi peta seperti pada aplikasi Waze dan Google Maps tidak menggunakan data yang tinggi seperti beberapa aplikasi lain. Tapi, Anda masih dapat menghemat penggunaan data dengan menggunakan aplikasi alternatif yang menawarkan dukungan offline.Salah satunya adalah aplikasi peta gratis dari Nokia yaitu HERE Maps, yang memungkinkan pengguna mendownload data peta untuk disimpan pada perangkat dan digunakan secara offline.

here-maps


Lain-lain

quickmenu-androidAda beberapa metode lain yang turut menyediakan fasilitas untuk pengguna menghemat penggunaan data. Di antaranya termasuk menggunakan jaringan 3G menggantikan jaringan 4G LTE. Selain itu, Anda juga dapat mematikan fungsi sync ketika menggunakan jaringan data, dan mengaktifkannya hanya pada saat menggunakan jaringan WiFi. Hal ini akan memungkinkan Anda hanya upload dokumen dan data ke layanan seperti Dropbox ketika terhubung ke WiFi saja. Beberapa aplikasi hadir dengan dukungan ini secara internal dimana Anda dapat memantaunya menggunakan halaman pengaturan pada aplikasi tersebut.

Selain itu, ada juga aplikasi seperti Onavo Extend yang menawarkan kemampuan untuk mengurangi ukuran data yang dikirim dan diterima oleh Anda.

Untuk pengguna perangkat Android dari Huawei, Honor, dan juga Xiaomi, beberapa fungsi khusus turut disertakan, termasuk kemampuan untuk memantau aplikasi menggunakan jaringan data saja atau WiFi saja, atau kedua-duanya. Ini memungkinkan Anda untuk mengontrol aplikasi yang penting saja untuk mengakses jaringan data Anda.

Selamat mencoba :)

Komen

Nama
Web