READING MODE  
Situs Berita Teknologi Terkini

Peluang Dan Tantangan Startup Di Indonesia

Diterbitkan pada 11th November 2015 oleh

DSC_0023Deny Zain Managing Director of Mountain SEA Ventures dan Andi Boediman Managing Partner Indosource VC hari ini berbagi panggung utama Tech In Asia, sebuah konferensi startup terbesar yang sedang berlansung di Balai Kartini Jakarta. Mereka berbagi pengalaman tentang peluang pasar Indonesia untuk startup serta e-commerce.

Sampai saat ini Indonesia masih menjadi target pasar utama di Asia Tenggara khususnya untuk arena e-commerce. E-commerce tak hanya mempertemukan penjual dan pembeli barang di dunia online namun lebih dari itu. Founder harus memikirkan sistem yang menyeluruh termasuk dari segi logistik dan pembayarannya. Selain itu masih banyak bidang yang bisa dijadikan bisnis e-commerce antara lain bidang kesehatan, asuransi dan sebagainya.

Melihat peluang tersebut, Andi Boediman mengatakan untuk memulai sebuah startup yang paling dibutuhkan adalah kualitas dari founder atau pendiri startup itu sendiri, bukan business model-nya. Business model yang tepat bisa didapatkan seiring berjalannya waktu. Namun keinginan kuat pendirinya lah yang menentukan keberlangsungan startup tersebut.

Selanjutanya berbicara tentang investor, Andy mengatakan para founder startup harus mulai menentukan dari mana mereka akan mencari sumber dana. Saat ini investor startup sudah cukup banyak baik dari dalam dan luar negeri. Namun permasalahannya, dari sisi investor mereka cenderung lebih suka untuk memberikan dana dan menuntut startup tersebut untuk menjadi kuat dengan sendirinya. Padahal sebaiknya investor dan startup bersama-sama berusaha untuk memperkuat startup company tersebut.

Berbicara soal merekrut talet untuk startup Andi lebih suka mencari sendiri talent tersebut, tak hanya tentang skill yang dimiliki tapi juga loayality dan keinginan untuk belajar. Sementara bagi Andy Zain, ia lebih suka untuk mencari talent dengan pergi ke komunitas-komunitas startup.

 

 

Komen

Nama
Web