READING MODE  
Situs Berita Teknologi Terkini

4 Cara Membuat Perangkat Android Tidak ‘Lemot’

Diterbitkan pada 5th February 2015 oleh

Bagi para pengguna perangkat Android, terutama perangkat berspesifikasi pertengahan, Anda mungkin akan merasakan perangkat Anda menjadi semakin lambat atau mengalami sela waktu setelah digunakan beberapa bulan. Hal ini mungkin karena beberapa hal, termasuk karena file penyimpanan yang semakin bertambah, selain file berbentuk cache yang disimpan pada perangkat. Anda dapat menjadikannya kembali cepat seperti semula dengan melakukan beberapa hal dasar berikut ini

Membuang Aplikasi Yang Tidak Digunakan

android-laju-02

Seperti biasa, salah satu hal utama yang dapat dilakukan adalah membuang aplikasi yang tidak digunakan. Saya sendiri sering memasang berbagai aplikasi baru untuk mencoba, dan tidak membukanya untuk beberapa bulan. Aplikasi seperti ini dapat dihapus dari perangkat Anda sekaligus menghemat ruang dan memori yang digunakan pada perangkat Anda.

Untuk menghapus aplikasi, Anda hanya perlu membuka halaman aplikasi, kemudian tap pada ikon aplikasi yang ingin dihapus, selanjutnya tap “Uninstall”. Aplikasi tersebut akan dihapus dari perangkat Anda, tetapi tidak perlu khawatir karena Anda masih dapat men-download ulang setiap saat dari Google Play Store jika sewaktu-waktu memerlukannya.

Gunakan Launcher Seperti Google Launcher atau Nova Launcher

android-laju-01

Terkadang, sesuatu perangkat mengalami jeda waktu yang tinggi disebabkan oleh efek grafis yang digunakan oleh tema interface pada ponsel tersebut. Anda dapat menggantinya dengan menggunakan launcher dari pihak ketiga, seperti yang populer yaitu Google Launcher atau pun Nova Launcher.

Saya lebih suka menggunakan Nova Launcher, dimana setelah memasangnya, Anda dapat mengontrol berbagai hal, termasuk efek animasi, aplikasi yang ditampilkan dan sebagainya – sekaligus mengurangi penggunaan kekuatan pemrosesan dibandingkan tema asli seperti TouchWiz.

Membuang Cache Yang Tidak Digunakan

android-laju-03

Berbagai aplikasi Android menyimpan data dalam bentuk cache untuk membuat Anda membuka aplikasi dengan cepat, dan pada saat yang sama tidak menggunakan data yang tinggi. Namun cache ini ternyata juga banyak memakan banyak ruang penyimpanan. Oleh karena itu ada baiknya Anda juga menghapus chache pada aplikasi-aplikasi Anda secara berkala.

Ada beberapa aplikasi yang memudahkan proses ini dan melakukannya secara berkala, seperti Clean Master dan juga CCleaner.

Tapi, jika Anda ingin melakukannya secara manual, Anda bisa ke halaman Settings> Storage, dan tap pada Cached Data untuk menghapus data yang tersimpan di dalamnya.

Pindahkan Gambar Lama Untuk Disimpan Di Komputer

Kadangkala, perangkat Anda akan menjadi sedikit lambat ketika ruang penyimpanan Anda sudah penuh. Salah satu hal yang Anda bisa lakukan untuk mengosongkan penyimpanan pada perangkat adalah dengan mentransfer sejumlah gambar ke komputer untuk digunakan pada masa akan datang.

Ketika memindahkan file-file Anda, Anda juga dapat memeriksa folder Downloads pada perangkat Anda untuk melihat file-file yang telah Anda download dan tidak digunakan.

android-laju-04

Jika berbagai cara ini masih gagal untuk mengembalikan perangkat Anda dalam kondisi dan kinerja seperti semula, Anda dapat memilih untuk membuat Factory Data Reset – tetapi pastikan Anda telah membuat back up file dan data pada perangkat. Setelah itu selesai, Anda dapat memulai kembali perangkat seperti kondisi semula, dan memilih data yang ingin di sync serta aplikasi yang ingin diinstal. Jadi tunggu apalagi, silakan dicoba. :)

Komen

Nama
Web