READING MODE  
Situs Berita Teknologi Terkini

Mozilla telah bereksperimen dengan penawaran Firefox OS untuk smartphone sejak dari 2013 yang lalu. Namun, peminatnya tidak begitu tinggi, meskipun Mozilla telah bekerjasama dengan beberapa produsen untuk hadir dengan perangkat Firefox OS.

alcatel-onefireTerakhir, Mozilla mengumumkan akan menghentikan pengembangan dan penjualan smartphone berbasis Firefox OS. Hal ini mungkin telah diprediksi banyak pihak sebelumnya, apalagi dengan perangkat yang dijual menggunakan Firefox OS tidak begitu tinggi angka penjualannya. Kemungkinan, pihak produsen perangkat juga tidak tertarik mengeluarkannya, terlebih dengan Android yang kini sangat dioptimasikan untuk perangkat berspesifikasi rendah.

Firefox OS telah dimulai beberapa tahun lalu dengan fokus pada negara-negara berkembang serta ingin menawarkan penggunaan sistem operasi smartphone berbasis HTML5 dan bukannya mengandalkan aplikasi. Setiap aplikasi juga bisa di pin pada perangkat dengan aplikasi yang dibuka menggunakan browser web.

Berbicara perencanaan ke depan, pengembangan proyek ini dilihat mungkin akan lebih dikhususkan untuk perangkat terhubung (IOT) dan mungkin akan ada beberapa proyek menarik terkait dengannya yang diumumkan. Pada awal tahun ini sendiri pihak Mozilla telah memperlihatkan sebuah perangkat berbasis Firefox OS, dinamakan sebagai Runcible.

runcible_mwc_01

 

Komen

Nama
Web