READING MODE  
Situs Berita Teknologi Terkini

Huawei Hadirkan Rumah Pintar Dengan Platform HiLink

Diterbitkan pada 13th December 2015 oleh

Tahun ini beberapa produsen perangkat pintar dari China telah mulai mengumumkan inisiatif mereka untuk bergabung ke arena rumah pintar. Setelah Xiaomi dan Meizu, Huawei pada acara ulang tahun Honor kedua turut berbagi mengenai platform rumah pintar mereka, yang dikenal sebagai HiLink.

Sedikit berbeda dengan produsen yang lain, Huawei menjelaskan platform HiLink mereka lebih menekankan kerjasama dengan produsen perangkat perlengkapan rumah yang lain. Jika produsen lain lebih memfokuskan akan hadir dengan perangkat khusus mereka, contohnya filter udara atau kamera pemantau, platform HiLink merupakan platform terbuka, dimana produsen perlengkapan rumah yang telah ada dapat memanfaatkannya. Dengan keterbukaan ini, lebih banyak perangkat terhubung dengan internet dapat terhubung dengan platform yang diciptakan Huawei ini.

Huawei-HiLink-IMG_8885-950x633 Huawei-HiLink-IMG_8901Menggunakan platform HiLink, produsen perangkat perlengkapan rumah yang dapat dihubungkan dengan internet hanya perlu menggunakan ‘bahasa’ yang digunakan oleh HiLink. Huawei juga memproduksi chip prosesor sendiri yaitu Kirin. Melalui platform ini mereka akan menyediakan chip prosesor, sistem operasi, dan juga ‘bahasa’ protokol komunikasi HiLink kepada produsen yang berminat.

Yang istimewa dari platform HiLink ini, semua perangkat pintar yang menggunakan platform ini akan dinamakan sebagai HiLink Inside dan hadir dengan satu tombol khusus. Menghubungkan kedua perangkat pintar ini semudah menekan tombol pada perangkat serta aplikasi yang akan mengendalikan semua perangkat pintar di rumah. Satu lagi keistimewaan menggunakan HiLink adalah perangkat Huawei dan Honor yang mendukung fungsi SmartKey dapat meengendalikan peralatan rumah pintar yang terhubung internet, seperti membuka pintu atau pagar rumah.

Huawei-HiLink-IMG_8923-950x456Untuk saat ini, mereka telah memiliki lebih dari 60 mitra yang terdiri dari produsen perangkat rumah pintar dimana sebagian besar berasal dari China. Untuk permulaan, mereka akan hadir dengan dua komponen untuk platform ini, yaitu Huawei LiteOS dan Huawei HiLink SDK. Huawei LiteOS merupakan sistem operasi yang dikhususkan untuk perangkat yang dapat terhubung dengan internet. Sistem operasi ini sangat cepat, dan dapat terhbung dengan platform HiLink. HiLink SDK juga dapat terhubung dengan berbagai perangkat, serta mendukung platform Android dan Windows. Kedua komponen ini dapat diperoleh pada kuartal kedua tahun depan.

Dengan pengumuman platform HiLink dari Huawei ini menandai dimulainya era rumah pintar dari Huawei, dengan sedikit keunikan dimana mereka tidak ingin bersaing dan menjadi produsen perangkat rumah pintar dan memaksa pengguna untuk membeli hanya barang buatan mereka. Pada acara yang sama juga diumumkan dua perangkat yang mendukung HiLink, yaitu Honor Router Pro dan Honor Box Voice, dan keduanya memiliki tombol berlabel ‘Hi’ di bagian depan. Kelak pada masa akan datang lebih banyak perangkat yang mendukung platform HiLink ini.

Komen

Nama
Web