READING MODE  
Situs Berita Teknologi Terkini

Screenshot_2015-12-16-15-37-40Sejak beberapa hari lalu Kementerian Komunikasi dan Informatika mengirimkan SMS untuk soliasiasai cara registrasi dan pengaktifan kartu SIM berdasarkan peraturan baru untuk pembeli kartu perdana prabayar. Apakah Anda juga menerima SMS tersebut?

Untuk Anda yang ingin membeli kartu SIM prabayar, Anda perlu tahu bahwa ada perbedaan mekanisme registrasi kartu SIM prabayar tersebut. Sebelumnya ketika registrasi Anda hanya perlu memasukan data identitas Anda untuk registrasi. Namun kini bukan pembeli yang melakukan registrasi, namun penjual kartu SIM prabayar tersebut. Anda tidak perlu takut data identitas pribadi Anda disimpan oleh penjual, karena data Anda akan tersimpan di operator selular kartu SIM yang Anda beli.

Peraturan baru ini adalah langkah untuk mencegah tindakan penyalahgunaan nomor prabayar yang semakin hari semakin sering terjadi.

Berikut adalah tata cara melakukan registrasi SIM card prabayar menurut Peraturan Menteri Nomor 23/Kemenkominfo/10/2005:

  1. Saat hendak membeli kartu SIM perdana, pelanggan wajib membawa identitas resmi yang masih berlaku, bisa berupa KTP/Paspor/SIM/Kartu Pelajar, dan sebagainya.
  2. Registrasi kartu perdana kemudian dilakukan oleh penjual kartu SIM yang telah mendapatkan identitas resmi dari operator sebagai penjual.
  3. Pelanggan wajib menunjukkan tanda pengenal asli, kemudian penjual akan mendata nomor identitas, nama lengkap, tempat tanggal lahir, serta alamat sesuai identitas.
  4. Kartu SIM perdana prabayar akan diaktifkan penjual dan nomor bisa mulai dipakai.

Komen

Nama
Web