READING MODE  
Situs Berita Teknologi Terkini

Arena robotika semakin hari semakin pesat perkembangannya. Tak hanya untuk membantuk manusia dalam bekerja di pabrik, atau membantu tugas sehari-hari namun juga untuk tindakan operasi pembedahan. Terakhir, di China, sebuah rumah sakit mengumumkan mereka telah melakukan pembedahan robotik, yang merupakan pertama kali di dunia, robot membantu dalam menjahit pembuluh darah.

robot-veilPada operasi yang melibatkan pasien dengan kanker pankreas ini, robot digunakan ketika ditemukan vena portal yang terhubung ke pankreas terpaksa dibuang.  Menggantikan vena portal dengan pembuluh buatan tanpa melibatkan perdarahan yang tinggi, sehingga diperlukan bantuan robot untuk memegang pemebuluh darah, dan membantu menjahitkannya. Semua gerakan robot ini dikendalikan sepenuhnya oleh dokter ahli.  Penggunaan bantuan robot menunjukan waktu pemulihan yang lebih cepat.

Di masa depan, kita mungkin akan melihat penggunaan robot yang dikendalikan dokter ini lebih luas. Terlebih beberapa perusahaan teknologi ternama telah berkomitmen untuk mengembangkannya.

Komen

Nama
Web