READING MODE  
Situs Berita Teknologi Terkini

Google Uji Coba Sistem Login Tanpa Menggunakan Password

Diterbitkan pada 23rd December 2015 oleh

Semakin hari jumlah pembajakan di dunia maya semakin meningkat jumlahnya. Oleh karena itu berbagai penyedia layanan online mulai meningkatkan kemampuan untuk bertahan dari serangan hacker. Salah satu usaha yang dilakukan adalah membuat sistem login ke akun tanpa tergantung pada password. Google juga tampak mulai melakuan usaha serupa dengan melakukan uji coba di beberapa kalangan pengguna.

Melalui tes yang dilakukan Google ini, tampak pengguna memerlukan perangkat selular dekat dengan mereka jika ingin mencoba login ke akun Google.

google-password-logmasuk_01google-logmasukDari contoh yang diperlihatkan, Google memberikan pilihan untuk login menggunakan perangkat selular, atau mengirim nomor acak ke smartphone Anda. Melalui pilihan pertama, ketika pengguna mencoba masuk ke sesuatu layanan, ia akan meminta pengguna untuk tap pada aplikasi di perangkat selular – dan setelah Anda tap pada notifikasi atau link yang ditampilkan pada perangkat selular, Anda dapat login ke akun Google.

Disamping itu, pengguna juga turut dapat memilih untuk pengiriman nomor acak, seperti ketika menggunakan layanan perbankan. Anda kemudian diminta untuk memasukan nomor acak yang dikirimkan tersebut.

Namun Google juga mempertahankan pilihan untuk login menggunakan password sebagai sebuah alternatif. Google baru dalam tahap tes untuk fungsi ini, dan tes ini hanya melibatkan sejumlah kecil pengguna saja.

Komen

Nama
Web