READING MODE  
Situs Berita Teknologi Terkini

Apple telah memperkenalkan sistem operasi terbaru untuk perangkat selular mereka, yaitu iOS 10. iOS 10 bakal ditawarkan untuk pengguna iPhone, iPad dan iPod Touch sekitar bulan September mendatang, sementara versi betanya akan dimulai pada bulan Juli 2016 ini.

Seperti setiap versi sistem operasi, iOS 10 menyertakan sejumlah perubahan bahkan Apple sendiri mengklaim bahwa iOS 10 hadir dengan perubahan terbesar pada sistem operasi populer tersebut. Berikut ini adalah beberapa fungsi baru yang hadir pada iOS 10:

Angkat Ponsel Untuk Aktifkan Layar

Pada iOS 10, salah satu fungsi yang disertakan oleh Apple adalah fasilitas untuk mengaktifkan layar tanpa perlu menekan tombol. Pengguna hanya perlu mengangkat ponsel mereka, dan layar akan langsung aktif dan Anda dapat melihat apakah ada notifikasi baru pada iPhone Anda. Apple menyebut fungsi ini sebagai Raise to Wake.

Tampilan Baru Untuk Layar Kunci

ios10-skrinkunciLayar kunci utama pada iOS 10 juga diberikan nafas baru, dimana ia menyertakan desain baru untuk tampilan notifikasi pada layar. Pengguna juga bisa 3D Touch pada notifikasi yang ditampilkan untuk mengaksesnya tanpa unlock perangkat terlebih dahulu.

Disamping itu, pengguna dapat mengakses widget dengan menggulir ke bagian kanan, ataupun menggunakan kamera dengan menggulir ke kiri.

Akses Aplikasi Lain Melalui Siri

ios10-siriPada iOS 10, Apple membuka kemampuan integrasi Siri pada aplikasi lain. Ini sekaligus memungkinkan Anda mengakses aplikasi lain dengan mudah melalui Siri. Sebagai contoh, Anda dapat menyebut untuk mengirim Wechat, dan Siri akan memahaminya serta mengirim pesan ke teman melalui Wechat.

Keyboard Yang Lebih Pintar

Keyboard yang disertakan pada iOS 10 juga hadir dengan dukungan pembelajaran pintar, sehingga bisa mempelajari pesan, dan merekomendasikan balasan pesan yang sesuai. Hal ini sekaligus mempercepat proses komunikasi Anda dengan pengguna lain. Keyboard iOS 10 juga mendukung penggunaan lebih dari satu bahasa dalam satu waktu.

Aplikasi Photos Yang Kini Hadir Dengan Mesin Pembelajaran Pintar

ios10-photos-523x312Seperti pada Google Photos, pihak Apple juga meningkatkan aplikasi Photos pada iOS 10 dengan integrasi pembelajaran mesin pintar. Aplikasi tersebut kini bisa memahami suatu gambar termasuk orang, objek dan latar lokasi di dalam gambar. Pengguna juga dapat membuat pencarian gambar menggunakan teks, dan aplikasi tersebut akan menampilkan gambar terkait dengannya. Disamping itu, Photos juga dapat membuat album dan video liburan secara otomatis melalui Memories.

Apple Maps Kini Dilengkapi Mesin Pembelajaran Pintar

ios10-applemaps-525x312Pada iOS 10, Apple memberikan sedikit nuasa baru pada Apple Maps dengan memperbarui beberapa elemen grafis pada antarmuka aplikasi tersebut. Disamping itu, seperti pada keyboard dan juga Photos, Apple juga menyertakan dukungan pembelajaran pintar pada Maps. Apple Maps kini dapat melakukan beberapa hal, salah satunya memberikan rekomendasi rute berdasarkan aktivitas harian Anda dan lokasi yang paling sering Anda  kunjungi di waktu tertentu. Sebagai contoh, jika Anda membuka aplikasi Maps pada pagi hari  untuk bekerja, maka aplikasi ini akan memberikan rekomendasi rute ke kantor Anda.

Apple Music Hadir Dengan Wajah Baru Dan Lirik Lagu

ios10-applemusicSeperti rumor sebelumnya, Apple melalui iOS 10 memberikan tampilan baru untuk aplikasi streaming musik mereka. Apple Music kini hadir dengan antarmuka baru yang lebih ceria, dan juga dilengkapi beberapa fitur-fitur baru. salah satunya tampilan lirik untuk lagu yang dimainkan.

Membuang Aplikasi Yang Tidak Diinginkan

Pada iOS 10, Apple memberikan kontrol lebih kepada para pengguna, termasuk kemampuan menghapus aplikasi bawaan Apple yang jarang digunakan . Sebagai contoh, jika Anda tidak mengunakan aplikasi Apple Music, Anda dapat menghapus aplikasi tersebut daripada memenuhi ruang penyimpanan Anda. Jika Anda sewaktu-waktu membutuhkannya Anda dapat men-download kembali di AppStore.

Dapat Mengubah Audio Ke Teks Pada Aplikasi Phone

Pada aplikasi Phone, Apple pada iOS 10 menyertakan fitur  transkrip yang memungkinkan Anda mengubah panggilan suara (audio) secara otomatis ke teks untuk disimpan. Namun sepertinya fungsi ini masih terbatas pada beberapa bahasa tertentu saja.

Aplikasi iMessage Yang Diberikan Nafas Baru

ios10-imessage-553x312iOS 10 memperlihatkan perubahan pada aplikasi iMessage. Kini, aplikasi tersebut menawarkan berbagai fitur dan animasi baru, termasuk integrasi dari aplikasi lain ke dalamnya. Pihak Apple juga menyediakan iMessage AppStore agar pengguna bisa mendownload berbagai hal untuk diintegrasikan ke dalam iMessage.

Inilah sebagian besar fungsi baru yang akan hadir ke Apple iOS 10 tidak lama lagi. Apple akan menawarkannya dalam bentuk beta terbuka pada bulan Juli ini, dan ditawarkan kepada semua pengguna pada bulan September nanti. iOS 10 dapat digunakan untuk iPhone 5 dan terbaru, iPad Mini 2 dan terbaru, iPad 4 dan terbaru, iPad Pro, dan juga untuk iPod Touch 6 dan terbaru.

Komen

Nama
Web