READING MODE  
Situs Berita Teknologi Terkini

Setiap tahun, Apple memperkenalkan versi baru sistem operasi mereka untuk perangkat selular, maupun untuk komputer. Pada tahun ini, Apple membuat sedikit perubahan dari segi penamaan untuk sistem operasi komputer mereka. Sistem operasi untuk komputer Apple tidak lagi dikenal dengan nama OS X, namun diganti jadi MacOS.

Sistem operasi versi pertama di bawah MacOS adalah MacOS Sierra. MacOS Sierra ini akan hadir sekitar bulan September atau Oktober untuk pengguna umum, dan ia bakal menyertakan sejumlah fitur baru yang menarik.

Hadirnya Siri Pada MacOS

sierra_01Menjadi salah satu fokus utama pada MacOS adalah integrasi asisten pintar Siri. Kini, pengguna dapat berinteraksi dengan Siri di komputer menggunakan suara, contohnya apabila pengguna meminta dicarikan sebuah file pada komputer, maka Siri akan membantu mencarikannya.

Pengguna juga dapat menandai beberapa hasil pencarian dari Siri ke pusat notifikasi dalam bentuk widget. Selain itu, pencarian gambar pada Siri juga kini dapat ditarik dan dimasukkan ke dalam dokumen seperti email. Kehadiran Siri ini dilihat akan memudahkan proses multi-tasking di perangkat Mac.

Akses Komputer Secara Otomatis Melalui Apple Watch

sierra_02-583x312Biasanya, pada OS X, pengguna harus memasukkan password terlebih dahulu sebelum dapat mengakses komputer. Pada MacOS Sierra, Apple ingin memudahkan proses tersebut bagi pengguna Apple Watch.

Kini, Anda dapat login ke komputer Anda dengan Apple Watch, sehingga membuat akses Anda untuk menggunakan komputer lebih cepat dibandingkan biasanya.

Universal Clipboard

sierra_03Apple sering memfokuskan pada ekosistem mereka, dan melalui MacOS, Apple mengintegrasikan ekosistem mereka dengan lebih baik. Kini, melalui integrasi Universal Clipboard, pengguna dapat menyalin gambar atau video dari iPhone, dan mengaksesnya langsung pada Mac.

Mengosongkan Ruang Penyimpanan Komputer Bila Diperlukan

Biasanya, pada komputer pengguna akan menggunakan perangkat lunak pihak ketiga untuk menghapus dan mengosongkan ruang. Untuk MacOS Sierra, Apple memfasilitasi masalah tersebut melalui fungsi yang dinamakan Optimized Storage.

Kini, apabila ruang penyimpanan Anda semakin penuh, MacOS Sierra akan secara otomatis menghapus file yang tidak digunakan dan membuang file-file yang berulang pada komputer Anda. File yang tidak digunakan dalam waktu lama juga akan disimpan di iCloud dan dapat diakses bila diperlukan.

Picture in Picture

sierra_04Pada iOS sebelumnya, Apple telah memperkenalkan fitur yang dinamakan Picture in Picture. Fitur ini memungkinkan Anda  memutar video dalam jendela berukuran kecil ketika browsing web atau mengakses aplikasi lainnya. Kini, fitur serupa turut dibawa ke sistem operasi komputer, MacOS Sierra.

Tabs Untuk Memudahkan Multi-Tasking

Bagi Anda yang menggunakan browser web, mungkin telah familiar dengan penggunaan Tab yang memudahkan Anda untuk mengakses beberapa halaman web dengan mudah pada suatu waktu. Konsep serupa kini juga diimplementasi secara keseluruhan pada MacOS Sierra, sehingga memungkinkan Anda mengakses berbagai hal dalam bentuk Tab. Ini tentu sangat memudahkan pengguna, terutama jika Anda sering membuat berbagai editing dokumen dan mengakses berbagai aplikasi lain pada waktu yang sama.

Selain fitur atau fungsi yang kami sebutkan tadi, ada juga beberapa fungsi lain seperti Apple Pay pada browser web, antarmuka baru Apple Music, serta integrasi pembelajaran mesin pada Photos seperti di iOS 10.

MacOS Sierra bakal ditawarkan secara gratis kepada semua pengguna OS X terbaru. Bagi Anda yang tidak sabar menantikannya, mungkin dapat mendownload versi beta untuk sistem operasi ini yang diharapkan diperkenalkan sekitar bulan Juli.

Komen

Nama
Web