READING MODE  
Situs Berita Teknologi Terkini

Penggunaan teknologi untuk menyebarkan propaganda dan paham sudah terjadi sejak peradaban manusia dimulai. Seiring perkembangan zaman, kini teknologi video sharing digunakan oleh teroris untuk menyebarkan paham mereka. Video memenggal kepala oleh kelompok teroris merupakan salah satu video yang paling menyita perhatian dan disebarkan untuk menakut-nakuti musuh.

Google dan Facebook kini dikabarkan akan menggunakan sistem otomatis untuk menghapus video propaganda teroris dengan cepat. Teknologi yang sebelumnya digunakan untuk menghapus video atau musik bajakan dan tanpa izin kini digunakan untuk menghapus video teroris. Sebuah basis data video-video yang sudah dihapus disimpan untuk memudahkan proses menghapus ketika ada pihak yang mencoba upload ulang di lain waktu.

Youtube-Delete-Buang-Video-2-650x393Apa yang dilakukan oleh Google dan Facebook ini merupakan hasil dari protes pengguna yang menilai mereka terlalu lambat menghapus video teroris sebelumnya. Sistem ini masih memiliki kelemahan di mana masih membutuhkan manusia memantau video upload dan memverifikasi itu berisi pesan kekerasan. Baru setelah itu “sidik jari” video akan direkam untuk memungkinkan sistem blokir otomatis ini menghapus video yang sama di waktu yang akan datang.

 

Komen

Nama
Web