READING MODE  
Situs Berita Teknologi Terkini

Google Ajak Anak Belajar Pemrograman Melalui Permainan

Diterbitkan pada 29th June 2016 oleh

Seiring perkembangan teknologi khususnya komputer menyebabkan pembelajaran terkait pemrograman mulai diajarkan di dalam kurikulum sekolah. Disamping itu, berbagai perusahaan komputasi juga berlomba-lomba untuk memperkenalkan dunia pemrograman kepada anak-anak dengan cara yang menarik dan mudah dipahami.

bloksKini  Google telah memperkenalkan sebuah proyek baru bernama Project Bloks yang merupakan sebuah platform hardware terbuka untuk menarik minat anak-anak dalam pemrograman. Meskipun belajar pemrograman, namun ini tidak seserius yang dibayangkan. Anak-anak mempelajarinya melalui permainan blok.

Melalui Project Bloks, anak dapat menghubungkan berbagai blok berbeda dan membuatnya beroperasi dengan mengandalkan satu sama lain. Google sepertinya fokus untuk mengajarkan logika dan dasar terkait pemrograman melalui penggunaan Project Bloks ini.

Google mengembangkan Project Bloks ini dalam bentuk sumber terbuka, sehingga membuka ruang untuk berbagai produsen permainan untuk mengintegrasikannya dalam pengembangan permainan mereka. Pada hari ini, ada beberapa produsen yang menawarkan permainan dengan konsep serupa, tetapi dengan akses Google dan juga pengembangan dalam sumber terbuka, tidak mustahil permainan di bawah Project Bloks menjadi lebih populer di masa datang.

Google masih sedang dalam proses pengembangan dan kini membuka kesempatan kepada pendidik, peneliti dan orang tua seluruh dunia untuk turut serta dalam pengembangan mereka.

Komen

Nama
Web