READING MODE  
Situs Berita Teknologi Terkini

Gagal melakukan tugas, melakukan aktivitas kriminal atau melakukan sabotase terhadap perusahaan merupakan beberapa alasan yang cukup kuat untuk memecat karyawan Di China Anda bisa dipecat karena membeli iPhone 7 dan 7 Plus. Peraturan tertulis di bawah dikeluarkan oleh Nanyang Yongkang Medicine Company, sebuah perusahaan dari provinsi Henan. Pembelian perangkat Apple dikatakan dianggap patriotik. Karyawan diingatkan untuk memboikot produk perusahaan asing sebagai tanda menghormati 85 tahun China diserang Jepang pada 18 September 1931.

buang-kerja-iphone-7-china-2Mereka yang melanggar perintah ini diminta untuk meletakan jabatannya segera. Tindakan perusahaan ini menerima berbagai reaksi di Weibo. Ada yang menganggap hal kurang wajar karena dapat menyebabkan karyawan warga China di Foxconn kehilangan pekerjaan. Ada juga yang mendukung dan menyarankan semua PNS wajib menggunakan perangkat keluaran perusahaan lokal saja.

Ketika wakil Nanyang Yongkang Medicine Company dihubungi mereka memberikan alasan berbeda mengapa peraturan ini dikeluarkan. Mereka mengatakan peraturan diberikan untuk mengingatkan karyawan supaya tidak terobsesi dengan teknologi terbaru yang mahal dan sebaliknya mementingkan kesejahteraan keluarga terlebih dahulu.

buang-kerja-iphone-7-china-1Pada waktu yang sama satu lagi peraturan dari sebuah rumah sakit di Chongqing mengingatkan agar karyawan tidak boros membeli iPhone terbaru. Mereka yang tersedia membelinya akan diberikan nilai rendah di dalam evaluasi tahunan. Alasan yang diberikan adalah untuk menghindari pemborosan di kalangan karyawan. Pihak rumah sakit risau pembelian perangkat iPhone yang mencapai tiga bulan gaji akan menyebabkan karyawan meminjam dari bank atau penjualan organ. Untuk menghindari hal ini terjadi peringatan dikeluarkan pihak rumah sakit.

Bagaimana menurut Anda peraturan-peraturan tadi? Apakah Anda setuju jika perusahaan Anda memberlakukan peraturan yang sama?

 

Komen

Nama
Web