READING MODE  
Situs Berita Teknologi Terkini

Google hari ini mengadakan acara Google Play Time untuk para pengembang  (developer) di wilayah Asia Tenggara, sekaligus berbagi beberapa hal tentang pengembangan aplikasi dan permainan yang diterbitkan melalui Google Play Store.

Berbagi pengalaman bersama kami adalah enam orang developer, yaitu dari Rubycell, Own Game, Kiragames, AppXplore, Altitude Games, dan juga Carousell.

Menurut mereka, salah satu alasan mengapa mereka mengembangkan aplikasi untuk platform Android adalah karena angka penggunanya yang sangat banyak – lebih dari 80% perangkat selular seluruh dunia. Ini sekaligus memberikan keuntungan untuk mencapai lebih banyak angka pengguna yang menggunakan aplikasi atau game yang mereka terbitkan.

playtime_01-555x312Selain itu, mereka juga mengatakan mereka dapat lebih cepat menawarkan update aplikasi pada Android  dibandingkan dengan iOS yang kadang-kala memakan waktu hingga 2 minggu lamanya. Pengembang juga diberikan kesempatan untuk mengoptimasikan penawaran berdasarkan negara, termasuk dari segi harga jual, terjemahan dan sebagainya.

Pihak Google sendiri dilihat menawarkan bantuan kepada para pengembang dengan menyediakan Android Studio yang mudah untuk dipelajari, selain memantau berbagai data pada Dashboard – termasuk dari segi angka Downloads, uang yang dihasilkan dan sebagainya. Bahkan, kini dengan penawaran berbasis Material Design, memudahkan pengembang mengoptimasikan aplikasi mereka untuk berbagai ukuran layar dengan senang.

Salah seorang pengembang turut menekankan fasilitas untuk membalas komentar dan berinteraksi dengan pengguna juga salah satu kelebihan di Google Play Store.

Berbagi lebih lanjut, Google mengatakan hampir keseluruhan negara di Asia Tenggara memperlihatkan peningkatan penggunaan aplikasi hampir dua kali lipat antara tahun 2014 sampai 2016. Ini sekaligus membawa kepada peningkatan pengembang dari wilayah ini yang turut hadir dengan berbagai penawaran yang menarik untuk digunakan pengguna seluruh dunia.

Komen

Nama
Web