READING MODE  
Situs Berita Teknologi Terkini

Singapura Akan Menguji Bus Tanpa Pengemudi Tahun 2018

Diterbitkan pada 24th Oktober 2016 oleh

Taksi tanpa sopir sudah menjadi kenyataan di Amerika Serikat dan Singapura. Proses pengujian dilakukan oleh Uber di Pittsburgh dan nuTonomy di Singapura. Taksi tanpa sopir manusia ini secara teoritis lebih aman karena pengemudi robot tidak mudah lalai seperti manusia. Singapura ingin selangkah lebih maju dengan bus umum tanpa sopir. Sistem bus tanpa sopir ini akan memulai tes pada tahun 2018.

ntu-bas-pemanduan-automatik-singapuraUji coba akan dilakukan di Jurong melibatkan kampus Nanyang Technological University (NTU) dan CleanTech Park mencakup stasiun MRT Pioneer. Teknologi yang digunakan dikembangkan sendiri oleh NTU dengan kerjasama dengan Otoritas Transportasi Darat Singapura (LTA). Dua bus umum biasa sepanjang 14 meter akan dimodifikasi dengan sistem kemudi otomatis dan pengisian listrik. Setiap bus mampu membawa 50 penumpang dengan kecepatan maksimum 40 kilometer.

Ini bukanlah eksperimen pertama NTU  dengan teknologi bus otomatis. Mereka telah melakukan berbagai eksperimen dengan sistem bus mini serupa sejak beberapa tahun yang lalu. Kerjasama dengan LTA merupakan tahap berikutnya menuju sistem transportasi publik yang tidak tergantung kepada  manusia.

 

 

Komen

Nama
Web