READING MODE  
Situs Berita Teknologi Terkini

Pada acara pengumuman Microsoft pada hari ini, selain dari pengumuman tentang Windows 10 Creators Update yang membawakan berbagai inovasi, mereka juga mengumumkan seri Surface  terbaru yang hadir dalam bentuk AIO (All-in-one) pertama dan disebut Surface Studio.

Dari segi desain, ia hadir dengan layar monitor yang sangat tipis, yaitu setipis 12.5mm. Layar monitor ini juga berfungsi sebagai layar sentuh, memungkinkan pengguna berinteraksi langsung. Ia memiliki layar berukuran 28 inch, dan hadir pada rasio layar 3: 2 dan 192 PPI. Dengan  demikian dokumen dapat ditampilkan mendekati ukuran sebenarnya menggunakan teknologi True Scale.

screenshot_1587-768x438 screenshot_1586-768x436Kontrol warna yang ada pada monitor ini juga bisa dikonversi secara langsung, yaitu antara DCI-P3 dan juga sRGB. Hal ini memudahkan desainer grafis melihat karya mereka dengan warna yang lebih tepat.

Salah satu hal menarik dari Surface Studio adalah monitor bisa diposisikan miring untuk menggambar secara langsung. Menggunakan Surface Pen, pengguna dapat berinteraksi seperti menggunakannya seperti papan lukis.

screenshot_1592-768x420 screenshot_1588-768x438Salah satu komponen khusus yang dibuat untuk Surface Studio adalah Surface Dial. Ini merupakan tombol pintar yang dapat digunakan baik diatas meja maupun diatas layar. Ketika diputar, menunya bisa berubah sesuai aplikasi, seperti membesarkan atau mengecilkan gambar, atau memilih warna sesuai ‘color wheel’.

Spesifikasi Surface Studio antara lain  menggunakan kartu grafis Nvidia GTX 980M GPU. Pada badannya ada colokan audio, slot kartu SD, colokan Mini DisplayPort, Ethernet, dan juga 4 colokan USB 3.0.

Surface Studio ini akan dijual segera pada harga USD 2,999 dalam unit yang terbatas. Mengingat penjualannya di Amerika Serikat adalah dalam jumlah yang terbatas, mungkin diperlukan waktu sebelum komputer ini hadir untuk pasar lokal.

Dapat dikatakan Surface Studio ini dikhususkan untuk menarik minat para creator dan dengan beberapa fitur baru melalui Windows 10 CREATORS Update, seperti Paint 3D misalnya. Hal ini menunjukkan usaha Microsoft untuk memfasilitasi pengguna perangkat mereka untuk lebih kreatif dalam berkarya sesuai dengan visi mereka.

Komen

Nama
Web