READING MODE  
Situs Berita Teknologi Terkini

Kotoran Manusia Kini Dapat Diubah Menjadi Bahan Bakar Bensin

Diterbitkan pada 7th November 2016 oleh

Menggunakan kotoran manusia sebagai bahan bakar bio yang ramah lingkungan bukanlah ide baru. Di Inggris sudah ada bus yang menggunakan metana yang dihasilkan dari kotoran manusia sebagai bahan bakar. Tapi kebutuhan untuk bensin dan diesel lebih tinggi karena memberikan lebih banyak daya dibandingkan metana ketika digunakan di dalam mesin. Kini Pacific Northwest National Laboratory (PNNL) di Amerika Serikat berhasil memproduksi bahan bakar bensin dari kotoran manusia.

Melalui proses HydroThermal Liquefaction (HTL), kotoran manusia ini diubah menjadi minyak mentah. Ia menjalani proses dimana ia dipanaskan sampai 349 derajat Celcius pada 204 tekanan atmosfer. Tinja manusia ini kemudian mengalami proses menjadi minyak mentah dalam beberapa menit bukan berjuta tahun seperti proses produksi minyak mentah alami.

Menurut PNNL, 30 juta barel drum bahan bakar bio ini dapat dihasilkan dari 128 Billion liter kotoran yang dihasilkan setiap hari di Amerika Serikat. Ia kemudian diproses seperti minyak mentah biasa untuk memproduksi bensin, diesel dan bahan bakar jet. Setiap individu dapat menghasilkan 11 liter bahan bakar bio setahun. Ini bukan jumlah yang besar tetapi lebih baik dari hanya dibuang ke dalam septic tank di rumah.

PPNL sedang membangun pabrik pengolahan tinja ini di Utah dan diharapkan mulai beroperasi pada awal 2018. Di masa depan mungkin ada bisnis memompa tangki septik tersedia dan dijual kembali kepada perusahaan minyak bumi. Mungkin Anda sudah dapat mulai menyimpan stock tinja yang pastinya akan bernilai mulai hari ini.

 

 

Komen

Nama
Web