READING MODE  
Situs Berita Teknologi Terkini

Startup Sebaiknya Pilih Untung Banyak Atau Pengguna Banyak ?

Diterbitkan pada 17th November 2016 oleh

Hari ini siapa yang tak kenal Bukalapak? E-commerce lokal yang mempertemukan penjual dan pembeli. Perusahaan yang mulai berdiri dari 2011 ini kini menjadi salah satu pilihan utama para pelaku jual beli online.  Di acara Tech in Asia Jakarta 2016 yang berlangsung di Balai Kartini kemarin, CFO Bukalapak Fajrin Rasyid berbagi kepada para komunitas startup tentang mana yang perlu didahulukan antara mengejar keuntungan atau jumlah pengguna yang banyak.

Menurut Fajrin, sebaiknya tidak dikotak-kotakan mana yang lebih baik, mengejar keuntungan atau jumlah pengguna terlebih dahulu, karena pada dasarnya di lapangan setiap bisnis juga pada akhirnya mengejar keuntungan.

whatsapp-image-2016-11-17-at-9-44-30-amBukalapak sendiri baru mulai mengejar keuntungan setelah 5 tahun berdiri. Di awal kehadirannya Bukalapak fokus untuk menggaet banyak pengguna terlebih dahulu. Mereka ingin membuat Bukalapak menjadi viral, dengan begitu banyak orang yang akan tertarik menggunakan platform Bukalapak baik untuk menjual atau membeli. Jika jumlah pengguna banyak pada akhirnya keuntungan juga akan didapat.

Tak hanya fokus menggaet banyak pengguna, pelaku startup juga sebaiknya terus memantau kualitas layanan dan aplikasi mereka. Salah satu yang dilakukan Bukalapak dengan memantau rating app untuk mengetahui pengalaman pengguna ketika menggunakan Bukalapak. Mereka juga memiliki standar penilaian untuk tiap fitur yang ada di Bukalapak. Hal ini penting untuk menjaga pengguna tetap loyal untuk terus menggunakan Bukalapak.

Ketika disiinggung mengapa Bukalapak baru sekarang fokus mengejar keuntungan, hal  ini salah satunya karena investor juga lebih berhati-hati dalam memberikan investasi ke sebuah startup, kalau dulu mereka hanya membutuhkan pertumbuhan pengguna, kini mereka juga mempertimbangkan sisi keuntungan.

Fajrin juga mengingatkan para pelaku startup yang memilih lebih dulu mengejar keuntungan untuk terus membaca dan waspada pergerakan kompetitor. Mereka harus selalu peka terhadap perubahan dan yang paling penting harus memiliki keunikan dan keunggulan dari kompetitor tersebut.

 

Komen

Nama
Web