READING MODE  
Situs Berita Teknologi Terkini

Jakarta Bersiap Wujudkan Kota ‘Pintar’

Diterbitkan pada 17th November 2016 oleh

Untuk Anda warga Jakarta, apakah Anda sudah pernah mendengar tentang Jakarta Smart City? Dalam acara Tech in Asia Jakarta 2016 kemarin, Setiaji mewakili Pemerintah DKI Jakarta memperkenalkan proyek Jakarta Smart City kepada komunitas startup. Jakarta Smart City adalah proyek besar dari pemerintah DKI Jakarta untuk menerapkan konsep kota cerdas dengan pemanfaatan teknologi dan komunikasi dalam rangka mewujudkan pelayanan masyarakat lebih baik.

whatsapp-image-2016-11-17-at-10-22-31-amJakarta akan disebut ‘pintar’ apabila memenuhi enam indikator, yaitu  Jakarta Smart Governance (pemerintahan transparan, informatif dan responsif), Smart Economy (menumbukan produktivitas dengan kewirausahaan dan semangat inovasi), Smart People (peningkatan kualitas SDM dan fasilitas hidup layak), Smart Mobility (penyediaan sistem transportasi dan infrastruktur), Smart Environment (manajemen sumber daya alam yang ramah lingkungan), dan Smart Living (mewujudkan kota sehat dan layak huni).

whatsapp-image-2016-11-17-at-10-31-05-amSmart City juga akan meningkatkan partisipasi masyarakat dan pemerintah dalam memanfaatkan data, aplikasi, memberikan masukan maupun kritikan secara mudah. Salah satu yang ikut berkontribusi dan bekerjasama dengan Pemerintah DKI Jakarta untuk mewujudkan Jakarta Smart City adalah aplikasi Qlue. Ini adalah sebuah platform untuk masyarakat agar dapat memberikan laporan apapun secara langsung kepada pemerintah maupun pihak swasta. Dengan Qlue tersebut pemerintah dan pihak swasta akan lebih mudah dan cepat dalam merespon laporan masyarakat.

Saat ini Qlue sudah didownload oleh lebih dari 100 ribu pengguna. Ini jumlah yang cukup luar biasa, namun jika dilihat dari jumlah penduduk Jakarta yang sekitar 8 Juta, jumlah ini masih tergolong sedikit. Oleh karena itu Rama Raditya, CEO and Founder, Qlue berjanji akan membuat aplikasi mereka lebih mudah digunakan sehingga lebih banyak yang download. Aplikasi ini bisa diunduh di Google Play Store dan nantinya juga akan hadir versi untuk iOS.

Download: Qlue

 

Komen

Nama
Web