READING MODE  
Situs Berita Teknologi Terkini

e-Commerce Latptop ComputerDi panggung utama Tech in Asia Jakarta 2016  Sukan Makmuri (CTO Kudo) dan Chris Feng (CEO Shopee) berbincang mengenai perkembangan bisnis e-commerce di Indonesia saat ini. Dengan jumlah penduduk terbesar  keempat di dunia dan memiliki kelas menengah yang besar Indonesia merupakan pasar yang menjanjikan bagi e-commerce. Tak heran semakin lama, semakin banyak e-commerce yang mencoba peruntungannya di Indonesia.

Untuk terus berkembang dan tidak tersingkir dari persaingan bisnis e-commerce, Sukan Makmuri dan Chris Feng berbagi pengalaman dalam menjalankan bisnis e-commerce mereka.

Menurut Sukan Makmuri, memperkenalkan masyarakat pedesaan dengan belanja online dan melakukan pembayaran online  butuh waktu. Hal ini dikarenakan butuh waktu untuk mendapatkan kepercayaan dari mereka bertraksi non fisik. Oleh karena itu Kudo lahir untuk memberikan solusi. Kudo bekerja sama dengan warung-warung di desa setempat untuk dijadikan agen. Jadi pelanggan yang tidak memiliki akses internet dan rekening bank, dapat memesan barang di warung tersebut dan membayarnya dengan uang tunai.

Berbeda dengan Kudo, Shopee merasa lebih beruntung, karena target pasar mereka adalah pengguna yang sudah melek internet dan belanja online.  Shopee juga merasa kesuksesan yang diraihnya saat ini juga karena penetrasi penggunaan internet yang sangat cepat. Internet penetration berpengaruh dalam penggunaan perangkat selular seperti smartphone sebagai perangkat utama mereka.  Oleh karena itu mereka lebih fokus pada aplikasi mobile, meski juga  menyediakan website.

Chris Feng menuturkan penetrasi internet juga berpengaruh pada pertumbuhan e-commerce di Indonesia. Dengan akses internet yang semakin luas serta penggunaan perangkat selular yang semakin tinggi mempercepat pertumbuhan bisnis e-commerce di Indonesia.

Mereka percaya ini baru awal perkembangan e-commerce di Indonesia dan  masih akan menjadi pasar yang menjanjikan untuk industri e-commerce. Dan akan berkembang seiring waktu. Bisa dilihat saat ini masih banyak orang yang belum tersentuh internet dan layanan bank. Inilah sebenarnya yang menjadi peluang untuk digarap pelaku bisnis e-commerce di Indonesia.

Komen

Nama
Web