READING MODE  
Situs Berita Teknologi Terkini

Persaingan penjualan smartphone diantara produsen semakin sengit dari hari ke hari. Terakhir, melalui laporan yang dikeluarkan oleh Gartner, mereka mengatakan penjualan smartphone pada kuartal ketiga 2016 telah meningkat sebesar 5,4% dibandingkan 2015.

Namun, jikalau dilihat dari segi penjualan telepon genggam sepenuhnya, menurun sebesar 1,3%, salah satu alasan adalah karena adalah pengurangan popularitas ponsel (feature phone) yang sekarang diganti dengan smartphone.

gartner-01-650x202Dari angka statistik terlihat hanya Apple, Huawei, Oppo dan BBK Electronics (Oppo, Vivo dan OnePlus) yang mencatat peningkatan penjualan, sementara Samsung yang memperlihatkan penurunan.

Gartner mengatakan masalah baterai pada Galaxy Note 7 yang mudah terbakar membuat penjualan perangkat Note berkurang, sekaligus mempengaruhi kinerja perusahaan mereka.

Selain Samsung, Apple juga  kehilangan pegangan pasar pada kuartal ketiga 2016 jika dibandingkan dengan 2015 lalu, tetapi masih mempertahankan posisi sebagai produsen smartphone terbesar kedua dari segi penjualan.

Huawei semakin mendekati Apple, dan pada kuartal ketiga 2016, Huawei, Oppo dan BBK Electronics meningkatkan penjualan perangkat mereka.

Untuk Huawei, kontribusi ini mungkin hadir dari penawaran produk terbaru mereka yang membawakan body yang lebih baik, serta ditawarkan di beberapa negara. Pada saat yang sama, Honor juga memperlihatkan momentum yang positif di Eropa.

Secara keseluruhan, jikalau dilihat dari segi sistem operasi, Android kini memegang 87.8% smartphone yang terjual pada kuartal ketiga 2016 lalu, sementara iOS mencatat 11,5%.

gartner-02-650x198

Komen

Nama
Web