READING MODE  
Situs Berita Teknologi Terkini

Mengapa Bayi Anda Menangis? Aplikasi Ini Bisa Menjawabnya

Diterbitkan pada 2nd Januari 2016 oleh

Pernahkah Anda merasa kebingungan mengapa bayi Anda tiba-tiba menangis? Bagi kebanyakan orang tua, salah satu hal yang sulit untuk diketahui adalah mengapa bayinya menangis. Untuk mengatasinya, kini sebuah aplikasi khusus dikembangkan oleh peneliti di National Taiwan University Hospital Yunlin. Aplikasi ini dapat mengidentifikasi jenis tangisan bayi dan memberitahu Anda apa yang menyebabkannya menangis.

baby-criesUntuk mengembangkan aplikasi ini sendiri, sebanyak 200.000 suara tangisan bayi telah dikumpulkan dari sekitar 100 bayi berbeda. Ia kemudian di-upload ke sebuah database online, dan kemudian frekuensi tangisan tersebut dianalisa.

Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda harus rekam suara tangisan bayi Anda selama 15 detik, kemudian aplikasi tersebut akan memperlihatkan hasil analisa penyebab bayi Anda menangis – apakah karena lapar, sakit, mengantuk, atau karena popok basah.

Aplikasi ini mengklaim memiliki akurasi hingga 92% untuk bayi di bawah dua tahun, dan akurasinya menurun dari bulan ke bulan. Aplikasi ini hanya sesuai untuk bayi di bawah enam bulan saja, karena setelah periode tersebut, bayi telah lebih menyesuaikan diri mereka kepada lingkungan.

Beberapa orang tua di Taiwan telah mulai menggunakan aplikasi ini dan mengatakan sangat membantu mereka. Aplikasi bernama Infant Cries Translator ditawarkan untuk Android dan iOS. Sampai  saat ini kami belum menemukannya di Play Store ataupun AppStore, kemungkinan aplikasi ini belum diterbitkan untuk pasar internasional saat ini.


Komen

Nama
Web