READING MODE  
Situs Berita Teknologi Terkini

Tahun 2015 baru saja berakhir dan tahun lalu pasar perangkat pintar dunia tumbuh sebesar 10,3% dengan penjualan mencapai 1.29 milyar unit. Seperti biasa di akhir tahun daftar 10 besar produsen perangkat terbesar dunia akan dikeluarkan oleh Trendforce. Tahun lalu Samsung tetap di urutan pertama dengan 22,2% pasar. Ini adalah penurunan dari tahun sebelumnya yang mencapai 24,8%. Apple di tempat kedua dengan 16,8%  dan seperti Samsung, Apple juga turut menunjukkan penurunan dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 17,5%. Kedua perusahaan raksasa ini mengalami penurunan dalam dua tahun terakhir karena kebangkitan produsen dari China seperti Huawei, Lenovo dan Xiaomi.

Jualan-peranti-2015-trendforce-1Lenovo dan Xiaomi berubah posisi dibandingkan tahun lalu. Data menarik lainnya yang dirilis Trendforce adalah jumlah unit perangkat yang dijual Apple dan Samsung sebanyak 547 juta unit perangkat. sementara sabungan produsen asal China itu berhasil menjual 539 juta unit. Merek China yang dulu dianggap tidak berkualitas dan dipandang rendah kini semakin mendekati penjualan dua perusahaan raksasa dunia. Penjualan mereka meningkat karena dominasi di dalam pasar perangkat kelas menengah ke bawah. Hanya dua tahun yang lalu pasar ini masih didominasi oleh Samsung namun sekarang karena harga penjualan perangkat China yang lebih kompetitif, persentase Samsung semakin longgar dan malah menjurus kepada penurunan.

Jualan-peranti-2015-trendforce-2
Hal menarik dari daftar 10 besar ini adalah tidak adanya nama besar Sony, HTC, Microsoft dan Blackberry. Sebaliknya Oppo, ZTE, Vivo dan TCL muncul. Pada tahun 2016 penjualan perangkat dari Cina diprediksi akan melewati penjualan Samsung dan Apple. Apakah suatu hari nanti Huawei dan Lenovo yang akan menjadi peringkat teratas? Jangan tertawakan prediksi ini karena pernah suatu ketika perkiraan Samsung akan menyalip Nokia dan Motorola juga pernah ditertawakan. Kini dua raksasa ini tidak lagi ada.

Komen

Nama
Web