READING MODE  
Situs Berita Teknologi Terkini

Sejak awal kehadirannya di Indonesia pada beberapa minggu lalu, layanan streamin berbayar, Netflix sudah ramai diperbincangakan. Seperti biasa ada yang pro dan kontra atas kehadirannya. Netflix dinilai melangkahi pemerintah dalam hal perizinan penyiaran dan juga masalah pengurusan pajak. Tak hanya itu Netflix juga dipermasalahkan oleh Lembaga Sensor Film (LSF) terkait konten-konten yang ditawarakan. Seperti yang kita ketahui seluruh film yang masuk ke Indonesia harus melalui lembaga sensor terlebih dahulu.

netflix-indonesia-1Terkait berbagai permasalahan tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika serta Badan Telekomunikasi Indonesia (BRTI) memutuskan untuk memberikan tenggat waktu satu bulan bagi Netflix untuk memenuhi kewajiban sesuai perundang-undangan Indonesia.

Netflix diwajibkan untuk berbadan hukum tetap atau bekerja sama dengan operator telekomunikasi di Indonesia. Ini berarti Netflix harus membuka kantor di Jakarta, mempekerjakan karyawan lokal, dan tunduk pada peraturan pajak. Alteranatif lain Netflix harus memiliki zini sebagai penyelenggara penyedia konten.

Terkait dengan berbagai persoalan yang hadir ini, Menkominfo Rudiantara mengatakan tidak akan memblokir Netflix, hanya saja mereka harus sejalan dengan aturan dan regulasi yang berlaku di Indonesia.

Komen

Nama
Web