READING MODE  
Situs Berita Teknologi Terkini

Google dan berbagai perusahaan lain sedang menguji teknologi yang memungkinkan mereka memancarkan internet melalui drone, sehingga bisa memberikan akses internet ke daerah-daerah yang sulit dicapai menggunakan metode tradisional. Terakhir, menurut laporan The Guardian, Google dilaporkan sedang menguji drone internet yang didukung oleh energi surya, dinamakan Project SkyBender.

titan-aerospace-650x365Google dikatakan ingin mengembangkan dan menguji teknologi gelombang milimeter (milimeter wave) yang memungkinkan mereka mengirim dan menerima data pada kecepatan lebih 40 kali lipat dibandingkan dengan 4G LTE pada hari ini. Secara kasar, tingkat kecepatan transfer ini mungkin menjadi tulang punggung untuk jaringan nirkabel 5G.

Namun, salah satu kendala untuk gelombang milimeter ini adalah dengan menggunakan gelombang 28Ghz, sehingga mudah terganggu dengan kondisi cuaca dan membutuhkan daya yang tinggi untuk memfokuskan transmisi.

Project SkyBender ini dikatakan merupakan bagian dari Google Access, yang merupakan bagian khusus untuk mengelola Project Loon, sebuah proyek dari Google yang ingin menawarkan akses internet melalui balon udara.

Komen

Nama
Web