READING MODE  
Situs Berita Teknologi Terkini

India adalah negara demokrasi terbesar di dunia. Ia juga negara dengan populasi kedua tertinggi dan terkenal sebagai penyedia sumber tenaga kerja pada industri teknologi di dunia. Meskipun terkenal sebagai ahli IT, negara ini masih memiliki masalah kesetaraan gender . Wanita tidak diperlakukan dengan adil dan menjadi korban pelecehan seksual. Kasus pemerkosaan Jyoti Singh pada tahun 2012 mendapat perhatian dunia karena tak hanya diperkosa, ia juga ditusuk dengan besi berkarat sehingga ususnya terurai ke luar.

butang-kecemasan-panik-600x360Masalah keamanan wanita di India baru mulai dipandang serius setelah dunia mengecam reaksi mayoritas pemimpin India yang justru menyalahkan korban perkosaan. Berbagai inisiatif kini dilakukan untuk memperbaiki citra India yang tergores. Salah satu yang dilakukan adalah dengan kebijakan yang mewajibkan perangkat selular yang dijual di India harus disertai dengan tombol darurat pada tahun 2017. Pada tahun 2018 pula semua perangkat mobile harus memiliki sistem GPS untuk memudahkan mendeteksi posisi korban setelah tombol ditekan.

Sistem darurat diaktifkan dengan menekan tombol 3 dan 5 pada perangkat dengan tombol fisik. Sementara pada perangkat pintar, tombol power harus ditekan sebanyak tiga kali dengan cepat. Sistem ini diharapkan dapat memberikan bantuan darurat bagi korban penculikan dan perkosaan sebelum terlambat. Selain sistem tombol darurat, ada juga senjata renjatan berbentuk perangkat pintar yang dapat digunakan untuk mempertahankan diri jika diserang.

 

Komen

Nama
Web