READING MODE  
Situs Berita Teknologi Terkini

Google telah memperlihatkan konsep ponsel modular mereka sejak beberapa tahun yang lalu, dan kini dalam acara Google I / O, Google berbagi perkembangan lanjut untuk program yang dinamakan sebagai Project Ara tersebut.

project-ara-555x312Bagi Anda yang belum tahu tentang Project Ara, ia merupakan salah satu platform perangkat selular modular yang memungkinkan pengguna mengubah modul pada smartphone sesuai keinginan. Sebagai contoh, jika pengguna menginginkan kamera yang baik, maka ia bisa mengubah kameranya, begitu pun apabila pengguna menginginkan kualitas audio yang baik, maka ia hanya perlu mengubah modul audio.

Konsep ini telah dimulai sejak beberapa tahun lalu dalam upaya untuk mengurangi pemborosan bahan elektronik. Seperti  kita ketahui, saat ini apabila kita ingin meng-upgrade ponsel karena beberapa alasan kecil saja, kita harus mengganti ponsel. Project Ara ingin mengatasi masalah tersebut dan mengurangi pemborosan dan ‘sampah’ yang diakibatkan oleh pembuangan elektronik.

Kini Project Ara telah memasuki fase berikutnya, dimana ia akan keluar dari laboratorium pengembangan Google ATAP dan beroperasi di bawah unitnya tersendiri. Ini memungkinkan Project Ara beroperasi dengan lebih bebas dan memasarkan produk serta mencari keuntungan tersendiri.

Google mengatakan ponsel Project Ara pertama akan dijual untuk umum pada tahun 2017. Menariknya, ia akan hadir dari Google terlebih dahulu, sehingga menjadi salah satu perangkat selular yang akan dikembangkan sepenuhnya oleh Google.

Google juga akan membuka program untuk para developer dan menawarkan perangkat untuk mereka pada tahun ini. Jika Project Ara sukses di pasaran, ini tentunya akan menjadi tantangan besar bagi produsen-produsen perangkat selular yag lain.

spiral-dua_00 spiral-dua_03 spiral-dua_04

Komen

Nama
Web