READING MODE  
Situs Berita Teknologi Terkini

Jika Anda pernah ke Beijing Anda pasti pernah melihat kemacetan lalu lintas abadi ibukota China yang membuat kemacetan di Jakarta menjadi terasa tidak seberapa. Kemacetan berlangsung sampai larut malam dan kami pernah terjebak selama dua jam pada pukul 1 pagi hanya untuk perjalanan sejauh 7 kilometer. Kemacetan di Beijing terjadi karena jumlah pengguna mobil yang meningkat tajam sehingga tidak mampu ditampung infrastruktur yang ada.

Bas-bertingkat-Beijing-3-650x403Untuk menyelesaikan masalah ini, Transit Elevated Bus (TEB) sebuah bus bertingkat yang berjalan di jalan raya yang dilalui mobil akan diuji awal Juli ini. Kendaraan umum ini memiliki ruang setinggi 2,1 meter pada bagian bawah sehingga bisa berjalan tanpa hambatan. Ruang ini cukup lebar untuk melintasi dua jalur jalan raya. Bus ini dikembangkan oleh Shenzhen Hashi Future Parking Equipment Co sejak 2010 dan pernah ditampilkan di dalam film Total Recall 2012. Setiap bus mampu membawa 1600 penumpang dengan kecepatan 60 kilometer per jam. Menurut perancangnya, sistem ini lebih murah dibandingkan membangun sistem kereta api bawah tanah dan menggunakan jalan raya yang ada.

Kami sangat takjub dengan bus yang inovatif ini. Masalah bus umum terjebak di dalam kemacetan lalu lintas dengan penumpang berdesak-desakan pastinya dapat diselesaikan.

 

Komen

Nama
Web