READING MODE  
Situs Berita Teknologi Terkini

Apple Sedang Mengembangkan Chip ARM Untuk Mac

Diterbitkan pada 2nd Februari 2017 oleh

Apple saat ini dikabarkan sedang merancang chip baru untuk laptop akan datang, yang mana akan mengambil sedikit tugas yang kini dikelola oleh prosesor Intel.

Seperti pada Macbook sebelum ini, chip ini akan dikembangkan menggunakan teknologi ARM dan dioptimasikan untuk beroperasi bersama chip Intel pada laptop bersangkutan. Apple menggunakan chip berbasis ARM pada Macbook yang lalu, dikenal dengan nama T1. Ia menghasilkan TouchBar pada MacBook, selain beberapa fitur keamanan seperti fungsi biometrik melalui pemindai sidik jari.

Para insinyur Apple dikatakan sedang merencanakan untuk menggunakan chip ARM baru ini untuk mengendalikan lebih banyak tugas, termasuk fungsi Power Nap. Ini akan memungkinkan laptop Mac untuk langsung menerima email, menginstal perangkat lunak, memperbarui agenda di kalender meskipun dalam modus tidak digunakan, dan layar dimatikan. Dengan transisi ke chip ARM akan menghemat lagi energi yang digunakan laptop Mac dibandingkan sekarang.

Jikalau sesuai rencana panjang, Apple mungkin mengembangkan chip yang lebih bertenaga tinggi untuk digunakan pada laptop mereka, dan tidak lagi mengandalkan chip Intel untuk Mac. Buat masa sekarang, Apple menggunakan chip seri-A tersendiri pada iPhone dan iPad sejak 2010 lalu, dan bisa dikatakan bisnis chip mereka merupakan salah satu investasi yang sangat menguntungkan hingga kini.

Selain itu, pengembangan chip Apple sendiri akan memungkinkan mereka mengintegrasikan kemampuan perangkat keras dan perangkat lunak dengan lebih baik, salah satu hal yang saat ini mereka perlihatkan melalui iPhone dan iPad. Namun, untuk saat ini, Apple dikatakan masih tidak ada perencanaan untuk meninggalkan penggunaan chip Intel dalam waktu terdekat.

Komen

Nama
Web