READING MODE  
Situs Berita Teknologi Terkini

Salah satu masalah terbesar yang sedang dialami oleh Google kini adalah kesulitan untuk mengurangi peredaran aplikasi tiruan serta berbahaya bagi para pengguna. Berbagai cara telah dilakukan, namun usaha mereka kurang berhasil.

Kini Google telah mengirimkan email kepada ribuan pengembang aplikasi, dan telah memerintahkan mereka untuk memperbarui kebijakan privasi mereka, atau mereka akan menghadapi risiko aplikasi mereka akan dihapus dari Play Store.

Untuk aplikasi yang membutuhkan akses ke informasi sensitif seperti kamera, daftar kontak, dan sebagainya, Google kini menyuruh pengembang aplikasi untuk memberikan link ke kebijakan privasi yang berlaku di situs Play Store mereka.

Google juga memberi pilihan kepada pengembang untuk tidak perlu memberikan link tersebut, akan tetapi aplikasi tersebut tidak diperbolehkan untuk meminta akses ke informasi sensitif yang disebutkan tadi.

Menurut email tersebut, para pengembang harus membuat update ini paling lambat pada 15 Maret tahun ini, jika tidak, visibilitas aplikasi mereka akan diblokir, dan paling parah, aplikasi tersebut akan dihapus dari Play Store.

Langkah ini dilihat oleh pengembang yang sah sebagai langkah yang terbaik dari Google untuk memperbaiki masalah ini buat jangka waktu yang terdekat, karena banyak aplikasi-aplikasi buatan dibuat oleh pengembang amatir yang tidak memiliki pengalaman menulis kebijakan tersebut.

Namun, ini juga mungkin akan menyulitkan pengembang baru untuk membuat aplikasi di platform Android, dan kami berharap Google akan memperbaiki lagi platform pengembang mereka, sehingga orang dapat mengembangkan aplikasi mobile dengan lebih mudah dan aman.

 

Komen

Nama
Web