READING MODE  
Situs Berita Teknologi Terkini

10 Hal Baru Pada Windows 10 Creators Update

Diterbitkan pada 12th April 2017 oleh

Microsoft pada bulan Agustus tahun lalu telah memperkenalkan update Windows 10 Anniversary Update, yaitu update utama setelah setahun Windows 10 diluncurkan. Ia telah menawarkan berbagai perubahan besar seperti kehadiran Windows Ink untuk penggunaan stylus serta dukungan extensions pada Microsoft Edge.

Belum cukup setahun setelah perkenalan update tersebut, Microsoft kini memberikan juga update Creators Update melalui Windows 10. Ia telah hadir dengan sejumlah perubahan seperti kehadiran aplikasi untuk membuat 3D, mengoptimalkan penggunaan Mixed Reality, dan kehadiran Game Mode untuk meningkatkan kinerja ketika memainkan permainan.

Windows 10 Creators Update telah mulai didistribusikan mulai hari ini dan berikut adalah 10 hal baru yang dibawa pada update ini.


1. Dukungan 3D

Pada update kali ini salah satu fokus utama adalah menghasilkan grafis 3D. Hal ini dilakukan dengan mengoptimalkan beberapa aplikasi untuk menampilkan grafis 3D ini. Update Creators Update telah membawa satu aplikasi baru yaitu Paint 3D yang memungkinkan pengguna menghasilkan grafis 3D dengan mudah, tanpa perlu mempelajari aplikasi yang bersifat profesional terlebih dahulu.

Update ini juga membawa aplikasi View 3D Preview yang memungkinkan pengguna membuka file 3D seperti .fbx dan .3mf terus melalui Windows 10 secara natif. Microsoft Edge juga mendukung 3D, terutama dukungan untuk upload dan mendownload konten 3D. Aplikasi Office melalui PowerPoint juga menerima dukungan ini, melalui dukungan transisi dengan grafis 3D yang lebih intensif.


2. Dukungan Mixed Reality

Update ini juga fokus pada Mixed Reality yaitu kombinasi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) untuk menawarkan interaksi yang lebih mendalam kepada pengguna. Beberapa aplikasi di dalam Windows 10 telah mengoptimalkan Mixed Reality, seperti Edge yang kini mendukung WebVR, termasuk dukungan hardware untuk teknologi ini secara natif.

Windows 10 Creators Update turut memberikan pengaturan Mixed Reality pada halaman Settings untuk mengontrol pengaturan aplikasi dan perangkat yang menggunakan teknologi ini. Ia juga hadir dengan aplikasi Mixed Reality Portal untuk memberi paparan pengguna dalam penggunaan Mixed Reality ini.


3. Game Mode

Windows 10 Creators Update juga fokus untuk meningkatkan pengalaman game yang lebih sempurna melalui fungsi Game Mode. Ketika diaktfikan, Windows 10 akan memberi ruang kepada permainan untuk mendapatkan kinerja yang lebih tinggi, dibandingkan aplikasi yang sedang berjalan di belakang layar. Namun untuk saat ini, fungsi Game Mode dilihat lebih dioptimasikan untuk permainan Windows Store dan bakal mendukung beberapa permainan desktop secara bertahap.

Selain kinerja, Creators Update juga memungkinkan pengguna untuk streaming permainan melalui fungsi Beam. Ini memudahkan pengguna untuk berinteraksi seperti chat dengan pengguna lain secara nyata, tanpa instalasi hardware dan aplikasi tambahan.


4. Perbaikan Microsoft Edge

Microsoft turut memberikan pembaharuan pada Edge yang kini lebih cepat dan stabil melalui konversi architecture yang diperbarui. Ia juga membawa perubahan pada bagian tab, yang kini hadir dengan tampilan visual seperti Internet Explorer pada Windows 8, untuk memudahkan Anda melihat tab yang sedang dibuka.

Selain pembaharuan dari kinerja dan antarmuka, Edge kini telah mendukung file .epub untuk memungkinkan pengguna membuka eBook secara natif pada Windows 10.


5. Perbaikan Cortana

Cortana sekarang telah dibuka kepada para pengembang untuk mengintegrasikan aplikasi mereka bersama fungsi asisten virtual ini. Ini memungkinkan pengguna memberikan instruksi kepada Cortana untuk mengaktifkan fungsi dari aplikasi pihak ketiga, seperti memberi perintah untuk memainkan suatu film dari aplikasi Netflix.

Cortana juga kini berada pada “setup screen” Windows 10 ketika Anda mulai mengaktifkan komputer Anda buat kali pertama. Ini akan membantu Anda untuk memasukkan akun dan memilih pengaturan awal, seolah-olah ada pembantu yang berada di sisi Anda.


6. Kontrol Lebih Pada Windows Update

Windows 10 kini memberikan kontrol lebih kepada pengguna dalam mengelola update yang diberikan. Ini memungkinkan pengguna untuk pause suatu update selama 35 hari bagi pengguna Windows 10 Pro, Windows 10 Enterprise, dan Windows 10 Student. Untuk pengguna Windows 10 Home, Windows 10 Creators Update memungkinkan Anda untuk memilih waktu yang tepat untuk menginstal suatu update setelah proses Downloads update di belakang layar selesai.


7. Kustomisasi

Windows 10 Creators Update turut meningkatkan dukungan kustomasi yang kini lebih mudah untuk diakses oleh pengguna. Diantaranya adalah fungsi Theme Management yang kini ditempatkan di ruang Settings> Personalization> Themes, bukan pada Control Panel. Ia juga memungkinkan pengguna menggunakan custom color untuk mengubah warna title bar dan tidak dibatasi seperti sebelumnya.

Ia juga kini telah membawa fungsi Live Folders pada aplikasi di Start Menu, setelah hadir di Windows Phone 8.1 Update 1.


8. Night Light

Update Creators Update turut menawarkan fungsi Night Light dalam membantu untuk mengurangi cahaya biru pada layar. Ini membuat Anda lebih nyenyak tidur setelah fungsi ini diaktifkan.

Untuk mengaktifkannya, Anda bisa pergi ke halaman Settings> System> Display> Night Light Settings. Ia juga memungkinkan Anda mengubah kontrol warna dan pengaturan waktu untuk fungsi ini diaktifkan.

9. Dynamic Lock

Windows 10 sekarang memungkinkan komputer terkunci secara otomatis ketika pengguna tidak dekat dengan komputer tersebut. Hal ini bisa dilakukan melalui smartphone atau fitness band yang telah “di-pair” melalui Bluetooth, jadi ketika Anda berada di luar daerah lingkungan Bluetooth setelah 30 detik, Windows akan mengunci komputer Anda dengan serta merta.

Fungsi ini bisa diaktifkan melalui Settings> Accounts> Sign-in Options.


10. Virtual Touchpad

Fungsi on-screen keyboard telah mulai ada sejak zaman Windows ME dan Windows 10 kini telah menawarkan fungsi virtual touchpad buat pertama kalinya. Ini memudahkan Anda mengakses kursor pada layar sentuh meskipun perangkat tidak hadir atau dipasangkan dengan aksesori yang memiliki dukungan touchpad fisik. Dengan fungsi ini juga, Anda dapat membuat tablet yang dihubungkan ke external monitor sebagai touchpad untuk mengendalikan kursor pada layar monitor tersebut.

Fungsi ini bisa diaktifkan dengan membuat klik kanan (atau hold) pada taskbar> dan klik pada “Show touchpad button”.


Perubahan Lainnya

Pembelian eBook Pada Windows Store

Dengan dukungan .epub pada Microsoft Edge, Microsoft juga mulai menawarkan penjualan eBook melalui Windows Store, namun ditawarkan untuk pengguna di U.S terlebih dahulu.

Perbaikan Antarmuka Windows Defender

Interface Windows Defender pada Windows 10 sebelum ini masih mempertahankan antarmuka aplikasi dari Windows Vista yang mulai ketinggalan zaman. Melalui Creators Update, ia telah dibangun berbasis aplikasi Universal Windows Platform (UWP) yang lebih mengikuti design language Windows 10.

Windows Overlay Mode

Update ini juga membawa fungsi mirip Picture-in-Picture (PIP) yang memungkinkan video ditampilkan di dalam tampilan window kecil.

Kontrol Instalasi Aplikasi

Windows 10 Creators Update juga memungkinkan pengguna memilih jenis instalasi aplikasi yang diperbolehkan hanya untuk dipasang pada suatu perangkat. Ini terdiri dari tiga pilihan, melalui “Allow apps from anywhere”, “Warn me before installing apps from outside”, dan “Allow apps from the Store only”.


Cara Menginstal

Windows 10 Creators Update dapat didownload mulai hari ini. Anda dapat pergi ke halaman Settings> Update & security> dan klik pada “Check for updates”. Jika Anda tidak menerima tampilan yang terkait dengan update ini, Anda dapat menggunakan Update Assistant untuk memperbarui perangkat Anda ke Windows 10 Creators Update.

Bagi Anda yang mahir dengan instalasi Windows 10, Anda juga dapat menggunakan metode instalasi melalui file ISO yang dapat didownload secara resmi dari situs Microsoft.

Komen

Nama
Web