READING MODE  
Situs Berita Teknologi Terkini

Baru-baru ini ada satu isu perbedaan jenis penyimpanan yang digunakan pada Huawei P10, mencakup penggunaan penyimpanan berbasis eMMC dan UFS. Ini sekaligus memberikan kecepatan yang berbeda pada setiap unit Huawei P10 yang dijual, tidak seperti yang dibicarakan pada halaman info produk perangkat mereka.

Isu ini telah mengakibatkan perangkat beberapa pengguna mengalami kecepatan yang relatif lambat, terutama ketika membuat transfer data dari komputer atau sebaliknya. Penyimpanan berbasis eMMC dan UFS bisa dikatakan membawa perbedaan kecepatan yang cukup signifikan, dengan jurang perbedaan kecepatan sekitar 100-500MB/s.

Untuk mengidentifikasi jenis penyimpanan yang digunakan pada ponsel Anda, hal pertama yang Anda perlu lakukan adalah dengan menjalankan tes benchmark untuk penyimpanan internal perangkat.

Sebagai permulaan, Anda harus mengggunakan aplikasi AndroBench yang dapat didownload pada halaman Google Play Store secara gratis. Setelah menginstal aplikasi tersebut, mulai proses benchmark penyimpanan perangkat Anda dengan mengklik tombol “Run All benchmarks”. Proses tes ini akan berjalan sekitar 1-3 menit.

Ketika tes benchmark selesai dijalankan, aplikasi AndroidBench akan menampilkan kecepatan penyimpanan pada perangkat Anda. Perhatikan angka “Sequential Read” dan “Sequential Write”. Hasil tes di bawah adalah angka dari Huawei P10 (kiri) dan Asus Zenfone 3 Zoom (kanan).

Bandingkan kecepatan “Sequential Read” dan “Sequential Write” penyimpanan perangkat Anda dengan mengacu jadwal di bawah. Jika angka kecepatan perangkat Anda melebihi angka tertentu, seperti 350MB/s dan ke atas, perangkat Anda menggunakan penyimpanan berbasis UFS.

Proses tes ini adalah untuk menentukan transparansi produsen dalam menampilkan info penyimpanan yang diproklamirkan ketika memasarkan produk mereka. Anda dapat merujuk halaman utama model ponsel Anda untuk mengetahui info resmi tentang penyimpanan yang digunakan pada perangkat Anda.

Jika perangkat yang Anda dikatakan memiliki penawaran penyimpanan UFS, apakah ia benar-benar memberikan kecepatan yang seharusnya?

Komen

Nama
Web