READING MODE  
Situs Berita Teknologi Terkini

Sekitar sebulan yang lalu, kita telah mendengar rumor tentang perusahaan baru milik Elon Musk yang ingin menghubungkan otak manusia ke komputer. Kini, mereka membenarkan tentang proyek tersebut kepada Wait But Why.

Melalui Neuralink, Elon Musk ingin manusia tetap kompetitif dan setapak di depan dibandingkan dengan komputer, apalagi pada era kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin pada hari ini. Untuk mewujudkan hal tersebut, sebuah implan kecil akan dipasang pada otak manusia, dan teknologi ini dikenal dengan nama neural lace.

Dalam empat tahun mendatang, Elon Musk berharap melalui Neuralink mereka ingin membantu mereka yang memiliki kekurangan terutama disebabkan penyakit yang menyebabkan cedera pada otak, seperti stroke dan sebagainya.

Dalam waktu 8 hingga 10 tahun, Neuralink ingin membantu pengguna biasa untuk menggunakannya dan melakukan beberapa hal. Sejumlah contoh dibagikan, termasuk seperti memainkan piano melalui kontrol pikiran, ataupun mengemudi kendaraan. Ini dikatakan ketika mengemudi, pikiran kita akan melihat beberapa hal terlebih dahulu sebelum tubuh kita dapat melakukan reaksi kontrol yang seharusnya. Jika kelak pikiran kita yang mengontrol saat mengemudi, maka tidak mustahil berbagai hal dapat dihindari.

Neuralink juga pada saat yang sama dilihat menargetkan untuk memungkinkan manusia berkomunikasi satu sama lain melalui pikiran seperti telepati, sekaligus memfasilitasi proses komunikasi antara satu sama lain.

Seperti biasa, bukan Elon Musk saja yang tertarik dengan teknologi antarmuka untuk pikiran ini, tetapi juga ada beberapa perusahaan lain yang akan masuk ke arena ini termasuk Facebook. Baru-baru ini, perusahaan situs sosial tersebut telah memperlihatkan kemampuan mengetik terus melalui kontrol pikiran.

Perkembangan ini tentu menarik minat mereka yang menyukai arena teknologi dan sains. Dengan Elon Musk sendiri yang bergabung arena ini, ia membuat persaingan dalam arena antarmuka pikiran ini lebih kompetitif. Elon Musk telah populer dengan penawaran kendaraan listrik dan juga eksplorasi angkasa sebelumnya. Mungkinkah kita akan melihat dia terus mendahului yang lain melalui Neuralink?

 

Komen

Nama
Web